Jakarta, Aktual.com – Club Sepak Bola Barcelona telah resmi melepas Samuel Umtiti ke klub Serie A, Lecce, pada Kamis (25/08),┬ádengan status pinjaman selama musim 2022-2023.

Melalui laman resmi mereka, Kamis (25/8), Blaugrana mengumumkan bahwa mereka sepakat dengan Lecce untuk peminjaman Umtiti tanpa opsi pembelian. Barca akan menerima bonus berdasarkan berapa banyak pertandingan yang dijalani bek asal Prancis itu.

“FC Barcelona dan Unione Sportiva Lecce di Serie A Italia telah mencapai kesepakatan untuk peminjaman bek Samuel Umtiti sampai 30 Juni 2023,” dikutip dari situs resmi Barcelona.

Lecce juga mengumumkan kedatangan Samuel Umtiti dari Barcelona. Mereka menyebut sang bek akan segera terbang ke Italia dan akan menjalani tes medis pada hari Jumat (26/08).

“Lecce AS mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh, untuk sementara, hak atas layanan olahraga pesepakbola Samuel Umtiti dari FC Barcelona,” bunyi pernyataan Lecce dikutip dari laman resmi mereka.

“Bek juara dunia 2018 asal Prancis itu akan tiba di bandara Brindisi sekitar pukul 20.00 WIB dan akan menjalani pemeriksaan kesehatan besok.”

Kesepakatan ini terbilang mengejutkan. Maklum, pemilik 31 caps di timnas Prancis itu sebelumnya hanya diisukan bakal pulang ke kompetisi kampung halamannya, Ligue 1.

Masa bakti Umtiti di Barca masih tersisa hingga Juni 2026 usai meneken kontrak baru pada Januari lalu. Tapi, bek berusia 28 tahun itu bukan bagian dari proyek masa depan pelatih Xavi Hernandez.

Umtiti direkrut Barca dari Lyon pada musim 2016/17. Tapi, ia cuma tampil rutin pada dua musim pertama imbas dirongrong rangkaian cedera.

Musim lalu, Umtiti cuma tampil sekali di LaLiga. Sedangkan musim ini, sang pemain bakal makin kesulitan dapat menit bermain setelah Barca datangkan Andreas Christensen dan Jules Kounde.

Adapun Lecce merebut tiket promosi langsung setelah menjuarai Serie B musim lalu. Tim Kuning-Merah mengawali musim Serie A dengan kekalahan berentet dari Inter Milan dan Sassuolo, plus tersingkir dari Coppa Italia dari AS Cittadella.

(Warto'i)