Jakarta, Aktual.com – Sederet bintang NBA seperti Ben Simmons, Kawhi Leonard, dan Jamal Murray mengakhiri penantian panjang mereka untuk kembali melantai setelah lama dibekap cedera pada Senin waktu Amerika Serikat atau Selasa (4/10).

Simmons sudah absen sejak masih berseragam Philadelphia 76ers karena alasan kesehatan mental setelah perpecahan dan cekcok dengan pelatih Doc Rivers maupun rekan-rekannya.

Ia melewatkan paruh pertama musim 2021-22 sebelum sukses merancang kepindahannya ke Brooklyn Nets menjelang tenggat transaksi pada Februari lalu.

Namun pada 21 Maret, Simmons kemudian didiagnosis mengalami cedera hernia di punggungnya hingga ia harus menunda debutnya bersama Nets, bahkan sampai tim itu tersingkir dari putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA 2022 dengan kekalahan empat gim langsung kontra Boston Celtics.

Pebasket asal Australia itu lantas harus menjalani operasi penyembuhan cedera punggungnya pada 5 Mei. Setelah penantian panjang Simmons akhirnya melantai lagi kala Nets menjamu bekas timnya Sixers di Barclays Center.

Nets menderita kekalahan 108-127 dari Sixers, tapi Simmons tetap lega pada akhirnya bisa kembali melantai setelah absen satu musim penuh.

Simmons menandai laga comeback-nya dengan torehan enam poin, lima assist, dan empat rebound setelah melantai sekira 19 menit.

“Saya sungguh bersyukur akhirnya bisa kembali melantai, menginjak lapangan NBA lagi. Sejujurnya saya sangat menikmati berada di atas lapangan,” kata Simmons selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA.

Penantian panjang juga diakhiri oleh bintang Denver Nuggets, Jamal Murray, yang kembali melantai untuk pertama kalinya sejak ligamen cruciate anterior (ACL) lutut kirinya robek pada 12 April 2021.

Murray bahkan mencurahkan antusiasme penampilan comeback-nya lewat cuitan di akun Twitter pribadinya, @BeMore27.

“539 hari kemudian… INILAH SAATNYA!!” demikian cuit Murray pada Selasa dini hari WIB.

Murray menandai penampilan comeback-nya dengan melantai selama 14 menit untuk menyumbangkan 10 poin bagi Nuggets yang menelan kekalahan 101-112 dari tamunya Oklahoma City Thunder di Ball Center, Colorado.

Selain Murray, Michael Porter Jr. juga baru kembali setelah nyaris absen sepanjang musim 2021-22. Ia sempat main dalam sembilan pertandingan awal sebelum absen di sisa musim karena menjalani cedera punggung.

Antusiasme juga tentunya dirasakan oleh Kawhi Leonard yang kembali membela Los Angeles Clippers untuk pertama kalinya sejak 14 Juni 2021 karena cedera serupa Murray. Bedanya Leonard mengalami kerobekan ACL di lutut kanan.

Leonard melantai selama 16 menit dan turut menyumbangkan 11 poin saat Clippers menang 102-97 atas Portland Trail Blazers di Seattle.

Pertandingan tersebut juga menjadi lebih spesial sebab menandai kembalinya Damian Lillard yang sempat absen untuk Blazers dalam 47 gim terakhir musim lalu.

Kembalinya para pemain tersebut juga mendapat sambutan antusias dari beberapa bintang NBA lainnya seperti tulang punggung Nets, Kevin Durant.

“Sebagai penggemar olahraga ini, Kawhi kembali sungguh luar biasa untuk bola basket, Jamal Murray kembali juga baik untuk basket,” katanya.

“Semua yang sempat absen karena cedera dan akhirnya bermain lagi, sungguh menyenangkan melihat mereka kembali melantai di atas lapangan,” tambah Durant.

Durant tentu berbicara atas nama pengalaman pribadi, sebab ia juga sempat menghabiskan musim 2019-20 hanya dari bangku penonton.

(Warto'i)