Ilustrasi Bingkai Foto
Ilustrasi Bingkai Foto

Jakarta, Aktual.com – Salah satu barang termudah dan termurah yang bisa Anda temukan di toko barang bekas adalah bingkai foto tua. Jika Anda ingin melakukan sedikit pekerjaan, Anda dapat memperbarui tampilan dan model bingkai yang tampak lebih tradisional.

Material yang Anda Butuhkan

Projek kecil ini tidak membutuhkan terlalu banyak perlengkapan khusus, tetapi satu hal yang tidak boleh Anda hemat adalah lakban kertas. Dapatkan selotip berkualitas baik yang akan membentuk segel yang bagus, jadi setelah Anda mengecat, Anda bisa menariknya dan akan meninggalkan garis bersih yang bagus. Berikut semua material yang Anda butuhkan:

  • Bingkai foto polos
  • Cat kerajinan
  • Set Pita
  • Kuas cat
  • Obeng / tang

Bongkar Bingkai Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membongkar bingkai. Namun bergantung seperti apa bagian belakang bingkai tersebut, kemungkinan besar Anda memerlukan obeng untuk melepaskan bagian belakang bingkai. Bingkai lama dapat disatukan dengan segala macam benda, jadi berhati-hatilah agar tidak menggores sekrup atau pengencang yang berkarat.

Rekatkan Garis dengan Lakban

Ambil selotip berukuran panjang sekitar 1 ½ inci lebih tinggi dari bagian bawah bingkai sebenarnya. Lalu tempelkan pada bagian bingkai yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika ingin seluruh bingkai tertutup dengan sempurna, tutup seluruh bagian dengan pita yang kamu inginkan.

Cat Lapis Pertama

Setelah selotip terpasang dengan kuat, cat lapisan pertama dengan warna pilihan Anda (contoh: putih). Anda bisa menggunakan cat semprot untuk ini, atau  bisa juga gunakan cat minyak

Jika bingkai Anda dalam kondisi kurang bagus, Anda bisa gunakan amplas untuk membersihkan permukaan bingkai terlebih dahulu, baru kemudian mengecatnya. Jika Anda menggunakan cat kerajinan dan kuas biasa, lakukan lapisan tipis terlebih dahulu, tunggu hingga sedikit mengering, lalu ulangi lagi dengan lapisan kedua sampai Anda puas dengan tampilannya.

Cat Lapis Kedua

Setelah lapisan pertama Anda benar-benar kering, lepaskan selotip pertama yang menempel. Lalu, gunakan selotip baru untuk memblokir garis aksen warna lain (contoh: emas). Sekali lagi, pastikan selotip melekat pada setiap bagian bingkai sehingga tidak ada celah.

Biarkan garis cat ini benar-benar kering sebelum Anda memasang kembali bingkai dan menggantungnya. Anda dapat menggunakan teknik yang sama untuk menutupi bingkai lama atau membuat lebih dari satu bingkai dengan warna atau pola yang berbeda. Saat semuanya digantung di dinding galeri, pasti akan tampak lebih cantik. .

Nah, sekarang Anda sudah tahu cara DIY bingkai foto agar terlihat baru lagi. Anda bisa temukan berbagai jenis furniture dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Disana, mereka juga menjual sikat terbaru loh. Yuk, belanja sekarang sebelum kelewatan!

(Nurman Abdul Rahman)