Jakarta, Aktual.co — Maski tinggal hitungan menit saja, Presiden Joko Widodo bakal mengumumkan calon pembantunya di Istana Negara, Minggu (26/10).

Namun, Pakar Ekonomi Politik Global dari Martapura Institute Bonnie Setiawan berpandangan, Jokowi masih tersandera dengan kepentingan lantaran belum mengumumkan nama kabinetnya.

Dia mengatakan, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) saat ini sedang bertarung mencari kepentingan yang nantinya akan berada dalam posisi di kabinet Jokowi tersebut.

“Pertarungan ada di internal dalam KIH. Karena nanti akan berkompromi siapa saja yang naik (menjadi menteri),” ujarnya dalam sebuah diskusi di Resto Gallery Cafe, Cikini, Minggu (26/10).

Dia berkeyakinan, politik tanpa transaksional yang dijanjikan Jokowi pada saat kampanye adalah hal yang mustahil tidak dilakukan, lantaran partai-partai pengusungnya memiliki kepentingan dibelakangnya.

“Tidak bisa kita mengharapkan pada keajaiban, dan kita tidak bisa mengharapkan kepada Jokowi. Karena ini ada pertarungan politik,” katanya.

(Wisnu)

()