Jakarta, Aktual.co —  Pemerhati budaya Betawi JJ Rizal mengatakan bahwa bemo merupakan ikon kendaran transportasi di DKI Jakarta sehingga sangat disayangkan bila harus dimusnahkan.
“Bemo itu kendaraan ikonik Jakarta, harusnya diperhatikan jangan dimusnahkan,” kata JJ rizal saat menghadiri acara Indonesian Youth Confrence 2014, Sabtu (8/11).
Rizal mengatakan bemo seharusnya diperbaiki seperti transportasi bajaj merah yang diganti dengan bajaj berbahan bakar gas.
Ia menambahkan banyak wilayah di DKI Jakarta yang masih membutuhkan bemo sebagai transportasi umum dan kendaraan beroda tiga itu masih disukai warga.
Sebelumnya Para sopir Bemo di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat berharap pemerintah tetap mempertahankan keberadaan angkutan bemo untuk beroperasi di Jakarta walaupun trayeknya dibatasi.
Mereka juga berharap Bemo diremajakan seperti kendaraan bajaj merah diganti menjadi bajaj biru yang berbahan bakar gas.
Namun, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik sempat mengatakan keberadaan Bemo sebagai transportasi umum semestinya diganti dengan angkutan yang sesuai dengan undang-undang.
Ia mengatakan tidak ada undang-undang yang mengatakan adanya kendaraan umum beroda roda tiga dan harus diganti dengan kendaraan yang lebih layak.

()

(Nebby)