Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/ANTARA
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/ANTARA

Jakarta, Aktual.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Mengungkapkan bahwa proyek penambangan batu andesit di Wadas untuk material proyek Bendungan Bener bukan ranah Pemprov Jawa Tengah, melainkan Kementerian PUPR. Oleh karena itu, pihaknya tidak memiliki banyak kewenangan.

“Ini bukan pekerjaannya Pemprov, ini pekerjaannya PUPR, yang membebaskan (lahan) BPN, yang mengamankan polisi, yang mengerjakan di lapangan BBWSO, sebetulnya saya tidak terlalu punya otoritas di sini,” kata Ganjar di sela ceramah tarawih, Masjid UGM, Sleman, Rabu (6/4).

Ganjar mengatakan dirinya adalah salah satu pejabat yang siap turun tangan berdialog langsung. “Ketika terjadi sesuatu dan tidak ada pemimpin yang berani angkat tangan (berkata) saya bertanggung jawab, maka saya bilang saya bertanggung jawab dan harus datang untuk berdialog dengan mereka,” ucapnya.

Ia juga bersedia mengundang seluruh pihak terkait dan secara transparan memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait penanganan konflik Wadas serta Bendungan Bener. Duduk berembuk bersama, menurutnya, lebih baik ketimbang berdebat.

Sampai sekarang, Warga Wadas masih mendesak Ganjar untuk mencabut Izin Penetapan Lokasi (IPL) penambangan batuan andesit untuk proyek Bendungan Bener. Namun, Ganjar hingga kini belum merealisasikan tutuntan warga Wadas itu.

(Dede Eka Nurdiansyah)