Jember, Aktual.com – Sampoerna Reatil Community (SRC) merupakan program pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada toko kelontong, dikembangkan menjadi toko semi modern dengan tata letak yang rapi dan menarik, sistem keuangan yang mudah dioperasikan serta akses pemasaran. Saat ini SRC Jember sudah memiliki 993 toko kelontong yang dibina.

Hal ini mendapatkan apresiasi dari Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat SRC berkunjung ke Pendopo Wahya Wibawa Graha Pemkab Jember pada Jum’at (03/12) kemarin.

Dengan adanya seperti ini, Bupati Hendy sangat menyambut baik akan gerakan SRC di Kabupaten Jember. Menurutnya membangun Jember lebih maju lagi ke depan membutuhkan kolaborasi berbagai pihak untuk ikut terlibat langsung kepada masyarakat.

“Apa yang dilakukan SRC ini keren sekali, memberdayakan toko kelontong. Dengan pemberdayaan dari SRC, toko kelontong menjadi lebih bersih dan lebih nyaman bagi pembeli,” ujarnya.

Selain itu, ini mendorong produk UMKM Jember dapat masuk ke etalase toko kelontong binaan SRC sehingga berdampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat Jember.

“Ada 647.000 UMKM di Kabupaten Jember, SRC menjadi media pemasaran bagi mereka sehingga perekonomian berputar,” tutup Bupati Jember.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)