Jakarta, Aktual.com — Anda pecinta binatang? Tentunya pernah mengalami kejadian di mana Anda kesulitan mengetahui tingkah laku dari satwa peliharaan Anda yang berbeda dari hari biasanya.

Hal tersebut dimungkinkan karena hewan peliharan Anda sedang sakit. Namun sayang, mereka tak dapat memberitahukan bagaimana perasaan sakit mereka kepada Anda.

Untuk mengatahui tanda-tanda bahwa hewan Anda sedang bermasalah, ada beberapa cara agar Anda bisa memahami bahwa binatang peliharaan Anda tidak sehat (mengalami sakit), demikian laman Boldsky melaporkan.

Pertama, hewan Anda akan berperilaku aneh. Seperti jika binatang Anda adalah anjing, biasanya ia kehilangan nafsu makan atau bermain. Tapi, bila hewan Anda kucing, ia menjadi ganas tanpa alasan. Oleh karena itu, Anda harus peka menyadarinya.

Kedua, perubahan penampilan fisik. Anda harus peka terhadap bau dan kebersihan dari binatang Anda. jika bulunya mulai rontok dan mengotori mantel dan juga lantai rumah Anda, sebaiknya Anda segera bawa mereka ke dokter spesialis hewan.

Ketiga, kehilangan nafsu makan. Apakah hewan peliharaan Anda tidak makan apa-apa? Mungkin alasan yang sepele. Jika kurangnya nafsu makan berlangsung lama, pasti ada beberapa masalah. Ini adalah cara untuk mengetahui apakah hewan peliharaan Anda sakit atau tidak.

Keempat, masalah pernafasan. Pernahkah Anda memperhatikan hewan peliharaan Anda bersin, batuk atau mengalami masalah pernafasan dengan benar? Gejala-gejala ini memicu masalah pernapasan dari hewan peliharaan. Mereka mungkin memiliki infeksi dada. Perhatian medis segera diperlukan jika hal tersebut terjadi

Kelima, menolak untuk minum. Jika hewan peliharaan Anda menolak untuk makan atau minum, dalam kasus tersebut, dipastikan terdapat beberapa masalah serius di sana. Dehidrasi untuk hewan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang serius, yang mungkin terjadi dalam waktu 18 jam tidak minum cukup air.

Keenam, hewan Anda muntah? Anda harus berhati-hati jika hewan peliharaan Anda sering muntah. Alasan muntah pada kucing dan anjing yakni menderita kerusakan ginjal, infeksi virus atau memiliki sesuatu yang beracun.

Ketujuh, mengalami diare. Muntah disertai dengan diare merupakan masalah serius. Mungkin diare untuk anjing yang umum terjadi, tetapi jika tidak sembuh dengan pengobatan rumah tertentu (bisa dari bebas gula labu, menjaga mereka dalam berpuasa selama hampir 24 jam), yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter hewan.

Kedelapan, hewan peliharaan Anda sering menggaruk-garuk. Hal itu berarti bahwa mereka telah dipengaruhi kuman tungau atau kutu. Untuk menghadapi parasit tersebut, Anda dapat memberikan hewan peliharaan Anda mandi dengan pengobatan komersial.

()

()