Jakarta, Aktual.co —Philip Arthur Lawba pria berbadan tegap ini terpaksa harus berhadapan dengan Aparat Kepolisian Sektro Cengkareng, Jakarta Barat. Pasalnya pria yang berusia 25 tahun ini harus nekad berpura-pura menjadi petugas kepolisian lalu lintas.
Dalam aksinya Philip kerap memberhentikan kendaraan yang melintas dan langsung memberikan tindakan. Bahkan pelaku juga tak segan-segan memeras korbannya.
“Awalnya ama korban dikasih Rp 30 ribu, tapi pelaku meminta semuanya uang yang ada didompet korban,” ujar Kanit Reskrim Polsek Cengkareng, AKP Tosriadi Jamal kepada wartawan, Kamis (6/11).
Dikatakan Tosriadi penangkapan pria yang tidak memiliki pekerjaan tersebut kalau dirinya nekad menjadi anggota polisi gadungan lantaran cepat dan mudah mendapatkan uang. Tak hanya itu sambung Tosriadi pelaku juga nekad beraksi lantaran terdesak kebutuhan.
Terungkapnya Philip yang merupakan polisi gadungan tersebut bermula saat seorang pengendara motor Leny Siahaan melintas di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. Saat dijalan tersebut tiba-tiba, Philip polisi gadungan tersebut langsung meminta untuk berdamai daripada harus ikut persidangan. 
“Merasa diperas polisi, korban melaporkan kejadian ke Polsek Cengkareng,” tambahnya. 
Mendapat laporan tersebut, petugas kepolisian Sektro Cengkareng pun langsung segera mengambil tindakan dan berhasil mengamankan Philip yang saat itu masih mengenakan seragam palsu kepolisian. 
“Pelaku mengaku dari Polda Metro Jaya. Tapi saat kami meminta Kartu Tanda Anggota (KTA) pelaku tidak bisa menunjukannya,” pungkasnya.
Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, Philip pun terpaksa menginap di hotel Prodeo Mapolsek Cengkareng, Jakarta Barat.

(Andy Abdul Hamid)