Jember, Aktual.com – Bupati Jember Hendy Siswanto menggelar Apel Penanaman 25 Ribu Pohon di lapangan sekitar Balai Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, pada Rabu (7/12) siang.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada LP2M UNEJ, penanaman bibit pohon ini dalam rangka Penanaman Bibit Pohon Sedunia sekaligus dalam rangka Dies Natalis UNEJ yang ke-58,” lanjutnya.

Ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membuat seluruh pihak sadar dan peka terhadap lingkungan. Di Jember sendiri, ada sejumlah daerah yang masih berisiko tinggi terjadi bencana, terutama terhadap sejumlah titik rawan banjir dan tanah longsor. “Penanaman ribuan pohon ini diikuti oleh semua relawan, ini yang bikin saya terharu,” jelasnya.

Kegiatan ini bukan hanya Pemkab Jember dan UNEJ saja yang berupaya melindungi lingkungan di Kabupaten Jember, melainkan seluruh komponen masyarakat Jember.

“Pohon ini tak akan langsung tumbuh, anak cucu kita yang nanti akan menerima manfaatnya,” ungkapnya. Harapannya, camat, kades, dan lurah salin bersatu-padu menggelorakan cinta lingkungan kepada masyarakat mereka masing-masing.

Lebih lanjut, bupati juga menerangkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Provinsi Jatim. “Perlu ada proteksi dan pengendali banjir di lereng Gunung Argopuro,” ucapnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)