خُذْ مِنْ اَمْوَا لِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَا للّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

“Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah : 103)

Perintah “Zakat” disebutkan sebanyak 30 kali dalam Al-Qur’an dan 26 diantara selalu disandingkan dengan Perintah Sholat, jadi bisa disimpulkan bahwa perintah mengeluarksan Zakat dan sholat sama wajibnya dengan rukun Islam lainnya. Wajib bermakna jika di kerjakan berpahala namun jika ditinggalkan akan berdosa. Untuk itu tidak heran jika pada masa khalifah Abu Bakar dan Umar bin Khottob mereka mengambil kebijakan akan memerangi orang orang yang enggan membayar zakat dan dianggap murtad demi menjaga stabilitas dan keberlangsungan masyarakat untuk membayar zakat.

Dan Nabi juga mengatakan:

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak.” (HR. Baihaqi & Thabrani).

Demikianlah ajaran yang disampaikan oleh baginda nabi Muhammad SAW, yang jika diamalkan tentu saja akan membahwa mafaat bagi kita semua, karena sedekah adalah ibadah yang bersifat dan berdimensi sosial maka efek lain juga akan bisa kita dapatkan , seperti rasa damai, rasa bahagia , tentram dan tentu juga kita bisa meredam murkanya Allah. Murka Allah adalah yang paling kita hindari dan jangan sampai hadir ditengah kehidupan kita.

Ya Allah ya Robb, saat ini Engkau tengah menimpakan musibah kepada kami di seluruh penjuru dunia. Sungguh, ujian dan fitnah balak yang Engkau kirimkan amat dahsyat bagi kami. Jika menghadapi makhlukMu yang amat kecil saja kami sudah tak berdaya, bagaimana pula jika kami harus berhadapan dengan Engkau Yang Maha Perkasa dan Mana Kuasa?

Ya Allah, ampuni dosa-dosa kami. Maafkan segala kesalahan kami. Hilangkanlah ujian dan bencana yang amat berat ini. Sesuai firmanMu dan sabda NabiMu yang mulia, kami akan iringi istighfar kami dengan sedekah. Semoga dengan izin dan rahmatMu, sedekah kami akan menyembuhkan berbagai penyakit dan menghilangkan bermacam kesulitan serta menjadi penyebab tertolaknya bala dan bencana. Aamiin ya robbal aalamin.

Ingat zakat, ingat LAZAR.

(Ahmad Himawan)

(A. Hilmi)