Ilustrasi Contrafow

Depok, Aktual.Com-Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Depok Komisaris Sutomo mengatakan sebagai langkah untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Margonda Raya, Depok, pihaknya akan menerapkan sistem lawan arus atau contraflow pada ruas Jalan Juanda hingga Margonda mulai Senin besok, 13 Maret 2017.

Lebih lanjut Sutomo mengatakan rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan di jam sibuk pada pagi pukul 06.00-08.00 WIB dan sore pada pukul 16.00-18.00 WIB.

Dia menambahkan contraflow sendiri diuji coba atas permintaan warga Depok, yang setiap pagi dan sore terjebak macet di Jalan Juanda dan Margonda.

“Pagi hari warga Depok menuju Jakarta untuk bekerja, dan sore hari kembali. Ini menjadi penyebab kemacetan di sekitar Juanda dan Margonda,” terang Sutomo, Minggu 12 Maret 2017.

Di pagi hari, sambung Sutomo contraflow akan diberlakukan di u-turn depan Soto Kudus, Jalan Juanda. Sedangkan kendaraan yang akan menuju Jalan Margonda memakai satu jalur kendaraan yang menuju Jalan Raya Bogor, melalui Jalan Juanda.

Kemudian terang dia, kendaraan akan keluar melalui u-turn depan Toyota di Jalan Margonda, Depok, untuk meneruskan jalan menuju Jakarta.

Menurut Sutomo, total panjang jalan yang dilakukan contraflow pada pagi hari mencapai satu kilometer dari Jalan Juanda menuju Margonda. Sedangkan pada sore hari, contraflow akan dilakukan mulai di u-turn depan Deborah sampai u-turn Toyota.

Sedangkan rekayasa lalu lintas sore hari, akan menggunakan satu jalur kendaraan dari Depok menuju Jakarta. Total pengalihan arus dilakukan satu kilometer di sepanjang Margonda tersebut.

Puluhan petugas kata dia akan disiapkan di empat titik u-turn di sepanjang Jalan Juanda dan Margonda yang menjadi lokasi contraflow. Selain itu, polisi telah melakukan sosialisasi terhadap rencana ini selama sepekan melalui spanduk dan informasi di berbagai media.

Lebih lanjut Sutomo mengatakan penerapan contraflow sendiri hanya dilakukan pada Senin-Jumat atau hari kerja. Sedangkan di akhir pekan atau hari libur contraflow tidak akan dilakukan.

(Bawaan Situs)