Jakarta, Aktual.co —   Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014 sebesar 5,01 persen banyak di respon negatif oleh sebagian kalangan. Namun pada 2015 nanti, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan naik hingga 5,3-5,6 persen.

Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Monetet Bank Indonesia (BI), Juda Agung mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 akan naik 5,3-5,6 persen, dari segi demand, konsumsi swasta masih menjadi hal utama pertumbuhan ekonomi.

“Kalau kita lihat dari sisi demand, konsumsi swasta ini jadi mesin utama pertumbuhan ekonomi yang diperkiran tumbuh moderat 5 persen. Selain itu populasi penduduk kita yang tumbuh rata-rata 1,5 persen per tahun dan ditambah pertumbuhan kelas menengah yang tinggi, merupakan daya topang bagi stabilitas pertumbuhan konsumsi swasta,” ujar Juda di Hotel JS Luwansa Jakarta, Kamis (6/11).

Sedangkan pertumbuhan ekonomi global tahun ini mencapai 3,3 persen. Di saat yang sama  negara-negara penopang pertumbuhan ekonomi global seperti Tiongkok dan Jerman justru akan mengalami slowdown pada 2015.

“Tahun ini Tiongkok pertumbuhan ekonominya 7,4-7,5 persen, tapi tahun depan sampai tiga tahun ke depan akan turun jadi 5 persen. Trennya memang seperti itu,” pungkasnya.

()

(Eka)