Jakarta, Aktual.co —Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau nelayan dan pengguna transportasi agar berhati-hati, karena adanya gelombang tinggi dan arus laut kuat di wilayah Perairan Kepulauan Riau, terutama di Perairan Kabupaten Bintan.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam Sri Sulismiyati di Batam, Minggu (19/10) memprakirakan gelombang di Perairan Bintan mencapai dua meter dengan arus laut hingga 40 cm per detik.

Ia mengatakan, berdasarkan pantauan secara umum cuaca Kepri diprakirakan berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan, yang terkadang disertai petir dan angin kencang.

“Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara, sedangkan untuk transportasi laut diimbau lebih berhati-hati,” kata Sri.

Adanya pola belokan angin di sekitar wilayah Kepri menyebabkan banyak massa udara yang terkumpul di wilayah itu, sehingga potensi pertumbuhan banyak awan sangat besar. Ditambah dengan kondisi udara atas labil dengan kelembapan tinggi yang juga memicu terbentuknya awan hujan.

()

()