Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan situasi cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia berpeluang berawan hingga diguyur hujan berskala ringan pada Ahad.

Dilansir dari laman bmkg.go.id di Jakarta, Minggu (8/1) disebutkan bahwa cuaca di wilayah Sumatera, seperti Kota Banda Aceh diprakirakan berawan, Pekanbaru berkabut, sedangkan Tanjungpinang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan, Kota Pangkalpinang akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

BMKG mengimbau masyarakat di Kota Medan untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir. Hujan diprakirakan turun di Kota Padang dan Palembang dengan intensitas ringan.

Kota Bengkulu diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang. Masyarakat di Kota Bandar Lampung dan Jambi diimbau waspada terhadap potensi hujan yang disertai dengan petir.

Beralih ke Pulau Jawa, sebagian besar wilayah perkotaan diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan, namun perlu waspada hujan disertai dengan petir di Kota Bandung.

Prakiraan cuaca untuk Pulau Bali dan Nusa Tenggara, diprediksi umumnya berawan seperti di Denpasar, sementara Kota Mataram dan Kota Kupang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Untuk wilayah Kalimantan, Kota Pontianak dan Kota Palangka Raya diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di Kota Samarinda dan hujan disertai petir di Kota Banjarmasin.

Untuk wilayah Sulawesi, Kota Manado diprediksi berawan, Kota Palu, Makassar, Gorontalo, dan Kendari diprediksi terjadi hujan ringan. Waspadai hujan disertai petir di Kota Mamuju.

Prakiraan cuaca di wilayah timur Indonesia umumnya hujan berintensitas ringan, seperti di Maluku, Papua, Ambon, Manokwari danm Jayapura. Sedangkan Kota Ternate diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

(Arie Saputra)