Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya yang berpotensi terjadi hujan disertai kilat sepanjang hari Senin (4/5) ini.

BMKG dalam laman resminya yang dipantau di Jakarta, Senin (4/5) dini hari menyebutkan hujan disertai petir ini akan terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari. Sementara empat wilayah lainnya cenderung cerah berawan.

“Waspadai potensi hujan disertai kilat dan petir dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari,” sebut¬†BMKG.

Untuk kelembapan secara umum berkisar 80 hingga 100 persen dengan suhu rata-rata mencapai 24 hingga 32 derajat Celcius di seluruh wilayah di Jakarta.

Untuk wilayah lainnya seperti di Provinsi Jawa Barat, BMKG memprakirkan potensi hujan yang dapat di sertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Cianjur.

Kemudian Sukabumi, Bandung, Kuningan, Indramayu, Cirebon, Sumedang, Majalengka, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Banjar dan Garut pada siang, sore, hingga malam hari.

Masyarakat di Provinsi Bali juga diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi mencapai dua meter atau lebih di Selat bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan dan Samudera Hindia selatan Bali.

Kemudian waspada gelombang tinggi di perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia selatan Banten.

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)