Peselancar meniti ombak di Pantai Suluban, Pecatu, Badung, Bali, Kamis (5/5). Pantai Suluban yang berada di kawasan Bali Selatan memiliki gelombang ombak besar yang menjadi daya tarik peselancar dari berbagai negara. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pd/16

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia, Selasa (20/8).

Berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG dalam laman www.BMKG.go.id, Senin, gelombang dengan ketinggian hingga mencapai 4,0 meter diperkirakan terjadi di wilayah perairan Bengkulu hingga Enggano.

Sementara di wilayah Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu, gelombang tinggi diperkirakan mencapai 5,0 meter.

Di perairan Bali, gelombang dengan ketinggian mencapai 2,0 meter atau lebih diperkirakan terjadi di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia bagian selatan Bali.

Adapun gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di perairan dekat Kalimantan Tengah dengan ketinggian 1,25-2,5 meter, serta di Laut Sawu Nusa Tenggara Timur dan perairan NTT bagian selatan hingga barat dengan ketinggian yang tidak disebutkan.

(Arbie Marwan)