Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, memberikan keterangan terkait dampak gempa Aceh di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu (7/12/2016). BNPB mencatat korban meninggal dunia akibat gempa Aceh menjadi 52 orang. Gempa berkekuatan 6,5 SR juga merusak beberapa bangunan diantaranya 105 ruko, 125 rumah, 14 masjid, satu rumah sakit di Pidie dan 1 sekolah rusak berat. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus pada Rabu pukul 08.47 WITA.

“Pos Pengamatan Gunung Soputan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 meter di atas permukaan laut,” kata Sutopo melalui pesan tertulis di Jakarta, Rabu (3/10).

Sutopo mengatakan kolom abu dengan tekanan kuat berwanra kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal teramati condong ke arah barat dan barat laut.

Letusan terekam seismogram berkekuatan maksimum 39 milimeter dengan lama waktu sekitar enam menit.

“Hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh di daerah barat-barat laut Gunung Soputan. Tidak mengganggu penerbangan sehingga Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado yang berada di sebelah Utara Gunung Soputan tetap beroperasi,” ujarnya.

(Andy Abdul Hamid)