BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir Guyur Jakarta Malam.
BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir Guyur Jakarta Malam.

Jakarta, Aktual.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Rivolius Pudihang meminta masyarakat mewaspadai bencana alam akibat hujan disertai angin.

“Hujan deras disertai angin saat ini melanda Kabupaten Sangihe, sehingga masyarakat di minta meningkatkan kewaspadaan,” kata Rivo Pudihang di Tahuna, Senin (6/9).

Menurut dia, warga kewaspadaan masyarakat terhadap bencana akibat hujan lebat yang disertai dengan angin kencang serta petir perlu di tingkatkan sebab Sangihe merupakan daerah rawan bencana.

“Jika hendak melakukan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan atau melintas area perkebunan, pegunungan, dan tebing perlu berhati-hati dan waspada dari kemungkinan longsor dan pohon tumbang.

Dampak hujan lebat dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama yang dapat mengakibatkan banjir sehingga warga yang bermukim di wilayah rawan banjir juga harus waspada.

“Kami meminta semua masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana agar tetap meningkatkan kewaspadaan sebab hujan sedang melanda Kabupaten Sangihe,” kata dia.

Dia juga meminta kepada pemerintah kampung dan kelurahan agar segera menghubungi BPBD apabilah terjadi bencana alam.

“Pemerintah kampung dan kelurahan diharapkan tetap waspada dan tetap memantau situasi di sekitar dan menginformasikan ke BPBD,” kata dia.

(Andy AbdulHamid)