Aceh, Aktual.com – Kepala BPBD Pidie Jaya Puteh A Manaf di Muereudu, Aceh, membenarkan empat warga Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, dilaporkan meninggal dunia akibat guncangan gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter di daerah itu, Rabu (7/12).

“Benar saya sudah mendapatkan informasi ada empat warga Pidie Jaya yang meninggal akibat gempa bumi itu dan saya belum tahu identitasnya,” kata Puteh A Manaf di Muereudu, Aceh, Rabu (7/12).

Ia mengatakan, gempa berkekuatan 6,4 SR itu merobohkan sejumlah tempat ibadah dan rumah warga, bahkan tidak sedikit warga setempat dilarikan ke rumah sakit.

“Masjid, fasilitas umum, dan rumah warga juga banyak yang roboh akibat gempa itu, namun saya belum bisa melaporkan jumlah bangunan yang rusak akibat gempa,” katanya.

BMKG Aceh merilis gempa 6,4 SR terjadi pada pukul 05.03 WIB dengan lokasinya 5.19 lintang utara, 96.36 bujur timur, dan 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya, di kedalaman 10 kilometer.

Gempa yang kuat di Kabupaten Pidie Jaya juga dirasakan warga di beberapa wilayah Aceh, di antaranya Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, dan Lhokseumawe.

Usai gempa 6,4 SR sudah terjadi lagi gempa susulan sebanyak empat kali. Gempa ini dipastikan tidak berpotensi terjadinya tsunami, namun masyarakat diimbau mengwaspadai terjadinya gempa susulan. (Ant)

(Arbie Marwan)