Jakarta, Aktual.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa berdasarkan data pada bulan Agustus 2019 tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kalimantan Tengah mencapai 4,10 persen. Bahkan jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan TPT pada bulan Agustus 2018 yang sebesar 4,01 persen.

Hal demikian terlihat dengan adanga angka penurunan kinerja di sektor perkebunan, industri pengolahan dan perdagangan, sehingga menyebabkan terjadinya penekanan angka pertumbuhan ekonomi di Kalteng.

Selain itu BPS juga mengutarakan bahwa hal ini turut memicu meningkatnya tingkat pengangguran pada tahun tersebut mengingat lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, industri pengolahan serta perdagangan merupakan lapangan usaha yang menyerap tenaga kerja terbesar.

Dan meningkatnya penggangguran terbuka di Kalteng berimbas pada lapangan usaha informal yang sering dijadikan tumpuan akhir bagi masyarakat untuk memperoleh pendapatan.

Hal ini terbukti pada tahun 2019, porsi tenaga kerja yang bekerja di Lapangan Usaha Perdagangan dan Jasa mengalami penurunan.

Pada Agustus 2018 tenaga kerja pada Lapangan Usaha Perdagangan, Rumah Makan, dan Jasa Akomodasi sebesar 276.854 orang, turun 4,27 persen pada tahun 2019 menjadi 265.044 orang di Kalteng.

(Andy AbdulHamid)
1
2