Muara Enim, Aktual.Com- Penjabat Bupati Muara Enim Kurniawan membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Gugus Tugas Reform Agraria (GTRA) Kabupaten Muara Enim Tahun 2022, Selasa pagi (02/08) di Ballroom Hotel Grandzuri, Muara Enim.

Acara tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara kesepakatan bersama mengenai arahan kebijakan dan penanganan reforma agraria serta penguatan kapasitas pelaksanaan reforma agraria di Kabupaten Muara Enim

Pj Bupati selaku kepala daerah sekaligus Ketua Tim GTRA Kabupaten Muara Enim, mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas berbagai upaya maupun kemajuan yang telah dilaksanakan oleh tim GTRA Kabupaten Muara Enim hingga tahun 2022 ini, melalui penataan aset yang disertai dengan penataan akses tanah demi mengatasi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah agar ditata dengan lebih berkeadilan dalam ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Muara Enim.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, selain legalisasi aset maupun redistribusi tanah dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, dengan keterlibatan dan kolaborasi banyak pihak maka reforma aksesnya-pun dapat berjalan dengan semestinya. Dengan demikian, masyarakat khususnya petani penerima tanah tidak sekedar memegang sertifikat, namun juga dapat mengusahakan atau memanfaatkan tanahnya dengan optimal demi meningkatkan kesejahteraannya.

Melalui rapat koordinasi ini, Pj Bupati berharap dapat memberikan semangat bagi kita dalam melaksanakan langkah-langkah strategis Tim GTRA kedepan. Semoga hasilnya nanti dapat menjadi kesepahaman dan kesepakatan bersama sebagai arah kebijakan maupun penanganan dalam penguatan kapasitas pelaksanaan reforma agraria di Kabupaten Muara Enim.

Pj. Bupati Kurniawan juga menyambut baik ditetapkannya Desa Bitis, Kecamatan Gelumbang sebagai pilot project Kampung Reforma Agraria dengan potensi perkebunan karet, budidaya jamur tiram dan peternakan sapi.

“Dengan ditetapkannya Desa Bitis sebagai pilot project, dapat menjadi etalase pelaksanaan reforma agraria skala kecil di Kabupaten Muara Enim. Tentunya kedepan dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Muara Enim.”Ujar Kurniawan.

Sementara itu, kepala kantor pertahanan Kabupaten Muara Enim Abdullah Adrizal mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim atas dukungan dan sinergitasnya dalam penyelenggaraan GTRA Tahun 2022 ini.

Nampak hadir dalam rakor pagi itu, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kadin Perkim, Kadin PUPR, serta para jajaran ATR BPN Kabupaten Muara Enim.

(Apriansyah)