MUARA ENIM, Aktual.Com – Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Tahun Anggaran (TA) 2022 Kodim 0404/Muara Enim di Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Rabu (11/05) pagi.

Dalam acara pembukaan TMMD yang berlangsung di Aula Bina Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pj Sekda mengapresiasi dan menyambut baik adanya pelaksanaan TMMD ke-113 tahun 2022 di wilayah Kodim 0404 Muara Enim, karena menurutnya kegiatan TMMD ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial semata tapi manfaatnya sangat luar biasa bagi kemajuan suatu daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Seperti pada tahun 2019 lalu ada kegiatan TMMD ke-106 di Desa Beringin, Kecamatan Lubai, disana sudah dilakukan penyelesaian pekerjaan seperti membedah rumah warga yang tidak layak huni, pembangunan jembatan penghubung antar desa termasuk pembuatan jalan (jalan yang sempit dilebarkan) dan juga ada penyuluhan kemasyarakat baik tekait Kamtibmas ataupun hal penting lainnya dan semua hal itu memberikan dampak positif terutama bagi masyarakat sekitar di Desa Beringin, maka tentunya pada kegiatan TMMD kali ini kita berharap akan dapat pula memberikan dampak yang sama bagi Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas. Oleh itu kami mengucapkan terima kasih kepada TNI, khususnya Kodim 0404 Muara Enim atas kembali diselenggarakannya TMMD di Kabupaten Muara Enim ini,” terang Pj Sekda.

Lebih lanjut Pj Sekda mengatakan, pembangunan suatu daerah tidak dapat terwujud jika hanya bertumpu pada pemerintah tanpa adanya dukungan dari pemangku kepentingan lainnya. Oleh karenanya kegiatan ini merupakan wujud kerja sama, sinergitas dan dukungan lintas sektoral, khususnya Kodim 0404 Muara Enim dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

“Saya-pun menghimbau kepada masyarakat dan juga tentunya Perangkat Daerah terkait agar bahu-membahu turut menyuseskan kegiatan ini. Mari kita doakan bersama agar TMMD ke-113 ini berjalan lancar, tepat guna dan tepat sasaran sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Desa Ujan Mas Baru,” pinta Pj Sekda.

Dalam mendukung kegiatan TMMD yang akan berlangsung dari tanggal 11 Mei s.d 09 Juni 2022 nanti, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mengalokasikan dana sebesar Rp 1,9 milyar rupiah untuk kegiatan fisik dan Rp 339 juta untuk kegiatan non-fisik melalui APBD Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2022.

Usai membuka kegiatan di Aula Bina Desa, DPMD pagi tadi, Pj Sekda beserta Forkopimda dan pemangku kepentingan lainnya langsung bertolak ke Desa Ujan Mas Baru guna mengecek langsung kelapangan hasil ataupun progress dari TMMD ke-113 tersebut.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0404 Muara Enim, Letnan Kolonel Arh Rimba Anwar, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala Dinas/ Badan/ Bagian Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Camat Ujan Mas beserta jajaran, Kepala Desa Ujan Mas Baru beserta Perangkat Desa, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Desa Ujan Mas Baru serta para Prajurit TNI Kodim 0404 Muara Enim.

(Apriansyah)