Ist

Jakarta, Aktual.com – Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdul Fikri Faqih memberikan pujian kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang telah sukses menyelenggarakan festival budaya di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Bahkan, Erick juga berhasil merevitalisasi Pura Mankunegaraan Solo dan Taman Pracima yang merupakan warisan leluhur yang usianya sudah mencapai ratusan tahun lamannya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI itu mengakui Erick Thohir merupakan sosok yang piawai dalam even-even monumental, dan itu sudah terbukti dibeberapa event besar, baik taraf nasional hingga internasional.

“Memang Erick Tohir sangat piawai di bidang Penyelenggaraan Event monumental . Terbukti suksesnya Opening dan clossing ceremony Gelaran Akbar Asian Games ke 18. Teranyar Laga Mandalika Pertamina Motto GP di NTB. Wajar juga bila dia ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pernikahan Kaesang- Erina,” kata Abdul Fikri saat dihubungi, Senin (12/12).

Menurut Abdul Fikri Faqih, festival budaya yang digelar di pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu dinilai sangat bagus, meski kemudian menimbulkan reaksi yang beragam.

“Festival Budaya itu sangat bagus. Hanya kalau diterapkannya pada acara pesta pernikahan anak presiden tentu diskusinya ada positif dan negatif,” ucapnya.

Pasalnya, pesta tersebut berlangsung disaat banyak yang mengkhawatirkan ekonomi bangsa disaat negara-negara lain sedang berjuang untuk terhindar dari ancaman krisis ekonomi di tahun depan.

“Karena terus dikaitkan dengan situasi ekonomi yang sedang sulit dan seterusnya. Maklum di negara demokrasi dan bukan negara kerajaan tentu harus kita sikapi wajar dan biasa saja,” ungkapnya.

Namun, Abdul Faki mengapresiasi kepiawaian Erick Thohir menggelar festival budaya di acara pernikahan tersebut. Apalagi, di pesta pernikahan itu hadir tamu undangan bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri.

“Belajar dari gelar acara besar pernikahan pangeran ini, nampaknya perlu banyak alternatif memunculkan gelar budaya adiluhung kita, syukur bukan hanya dinikmati oleh masyarakat kita tapi mengundang dan bisa dinikmati masyarakat internasional,” jelasnya.

Ia pun berharap pesta pernikahan Kaesang dan Erina yang dibalut dengan berbagai adat budaya nusantara itu mampu menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia. Karena jika banyak wisatawan luar datang karena tertarik dengan budaya nusantara, maka dipastikan akan berpengaruh pada ekonomi nasional.

“Muda-mudahan malah bisa menarik wisman ke negeri ini. Tentu akan berdampak dari banyak sektor dari budaya hingga ekonomi,” tutupnya.

(Tino Oktaviano)