Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mendorong produksi pangan di Kabupaten Aceh Barat Daya ditingkatkan. Apalagi, daerah tersebut baru saja mendapat tambahan alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 450 ton dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Hal ini disampaikannya usai menerima kedatangan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya, Darmansah di Jakarta, Senin (3/10/2022). Menurut Wamentan Harvick, kunjungan Pj Bupati Aceh Barat Daya ini dalam rangka memperkuat sinergi dalam rangka mendukung kedaulatan pangan nasional.

“Hari ini menerima kedatangan Pj Bupati Aceh Barat Daya untuk membahas memperkuat sinergi dalam upaya mendukung kedaulatan pangan nasional,” katanya.

Wamentan Harvick menyampaikan, saat ini Kementan berkonsentrasi penuh dalam menjaga ketersediaan produksi pangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, tambahnya, diperlukan sinergitas yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.

Wamentan pun meminta agar penambahan pupuk bersubsidi di Kabupaten Aceh Barat Daya dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung produksi pangan.

“Kami meminta agar ini dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produksi pangan di Aceh Barat Daya,” ucapnya.

Adapun kuota pupuk bersubsidi yang mendapat tambahan itu terdiri dari 150 ton pupuk Urea dan 300 ton pupuk NPK Phonska. Penambahan pupuk ini untuk mendorong petani guna menyukseskan program tanam padi serentak Musim Tanam Gadu 2022.

(A. Hilmi)