Jakarta, Aktual.com — Bupati Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Furkhahudin Masulili mengatakan, bahwa luas daratan di Banggai Laut hanya enam persen dari luas lautnya yang mencapai 725.000 KM. Menurutnya, potensi laut yang dimiliki tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan bagi program Pemerintah Pusat.

“Kami mengharapkan tol laut, mudah-mudahan jadi rute tol laut melewati Banggai ini,” harap Furkhahudin di alun-alun Banggai dalam acara ‘Malam Keakraban Bhakesra 2015’, Sulawesi Tengah, Sabtu (12/9) malam.

Kendati demikian, salah satu wilayah terpencil di Sulawesi Tengah ini masih perlu diperhatikan oleh pemerintah Pusat. Pasalnya, hinga sekarang masih ada beberapa wilayah di Banggai yang belum bisa menikmati listrik.

“Mudah-mudahan kunjungan Bhakesra ini bisa memperhatikannya dan disampaikan ke Pemerintah Pusat,” katanya lagi.

diberitakan sebelumnya, ‘Ekspedisi Bhakti Kesejahteraan Rakyat Nusantara (Bhakesra) 2015’ di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah telah berlangsung sejak Jumat (11/9) lalu. Selain kegiatan pokok (bantuan sosial dari kementerian/lembaga, pasar murah, penyuluhan, pengobatan gratis, dan penukaran uang baru), ada juga hiburan untuk warga Banggai Laut, yaitu ‘Malam Keakraban Bhakesra 2015’.

Setelah Banggai, tim Bhakesra yang menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 juga akan mengunjungi daerah di Sulawesi yaitu Togean dan Parigi.

()