Jember, Aktual.com – Pagelaran Jember Koi Show berhasil menyita perhatian publik. Event yang digelar di Balai Serba Guna (BSG) selama 2 hari yakni Sabtu dan Minggu 12-13 November 2022, diikuti oleh ratusan penghobi ikan Koi dari berbagai daerah di Indonesia.

Bupati Jember Hendy Siswanto yang menutup acara Jember Koi Show sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya,memelihara ikan koi memiliki resiko yang tinggi, dan dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi agar hewan asal negeri Jepang ini tetap sehat pada saat kontes berlangsung.

“Saya bahagia sekali karena kompetisi koi ini diikuti 1.600 lebih ikan koi. Pesertanya juga datang dari berbagai penjuru di Indonesia, tentu untuk membawa ikan koi dari daerahnya ke sini, harus ekstra hati-hati, dan tentunya dibutuhkan kedisiplinan oleh pemilik koi,” ujar Bupati kepada wartawan Minggu (13/11).

Bupati menambahkan, bahwa kegiatan Jember Koi Show ini merupakan yang ketiga kalinya yang digelar oleh komunitas Jember Koi Club, dan kegiatan ini bukan sekadar penyaluran hobi pecinta koi, tapi juga mempunyai multiplier effect yang luar biasa. Sebab memelihara dan merawat koi tidak gampang.

“Di situ terbuka peluang kerja juga, butuh pekerja. Pemiliknya mungkin tinggal menginstruksikan saja,” jelasnya.

Untuk lebih menggiatkan perekononian lokal secara langsung, panitia juga menyediakan 50 tenda UMKM yang penuh terisi semua.

“Dalam dua hari ini bisa dilihat sendiri banyak UMKM, sehingga ekonomi bergerak. Karena itu, penyelenggaraan lomba koi ke-4 nanti, Pemkab Jember wajib mendukung dan memfasiltasi lagi,” jelasnya.

Dikatakannya, prospek bisnis koi di Jember cukup bagus. Salah satu buktinya, pemenang Jember Koi Show 2022 adalah orang Jember. Begitu pemenang diumumkan, maka harga koi-koi itu naik berliipat-lipat. Bupati Hendy berharap agar raihan tersebut memberi semangat kepada para penggemar koi di Jember.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)