Jember, Aktual.com – Bupati Jember Hendy Siswanto mewacanakan pembangunan pelabuhan di Puger Jember, untuk mempercepat laju perekonomian masyarakat.
Bahkan pada awal November lalu, Bupati Hendy mengundang Marcel Van Der Schalk, salah satu arsitektur asal Belanda yang juga direktur MVDS Architecture untuk mendengarkan langsung keinginan Pemkab tersebut.

“Kita harus rencanakan matang mau diapakan pantai Puger ini ke depan, dari rakor ini kita sampaikan ide-ide yang dirangkum dalam LOI dikeluarkan oleh Pemkab Jember kepada MVDS Architecture,” ungkap Bupati Hendy Siswanto.

Lebih lanjut Bupati Hendy menyebut LOI atau Letter of Interest tidak memiliki resiko apapun, karena LOI ini bentuk minat dari kita untuk ditindaklanjuti oleh para arsitek Belanda.

Pelabuhan Puger ini nantinya akan menjadi akses transportasi moda laut yang dimiliki Jember.

Bupati Jember Hendy menyampaikan, akses transportasi merupakan penggerak penting roda perekonomian masyarakat. “Untuk membangkitkan perekonomian daerah, akses transportasi harus memadai,” ujarBupati Hendy.

Bupati Hendy menambahkan, selama ini beberapa sektor sulit untuk terdistribusi di Kabupaten Jember. Salah satunya disebabkan oleh sulitnya akses transportasi, khususnya transportasi moda laut sangat terbatas.

Untuk itu, Pemkab Jember terus berupaya untuk membuka akses transportasi laut. Ia berharap, dengan adanya pelabuhan ini, perekonomian di Jember akan bangkit, sejajar dan bahkan melebihi kota-kota lain di sekitarnya.

“Dengan adanya pelabuhan Jember ini, mudah-mudahan multiplier effect dapat terpacu, sehingga tidak hanya masyarakat sekitar pelabuhan saja yang bisa sejahtera, namun juga seluruh warga Jember dapat merasakan manfaatnya,” pungkasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)