Jember, Aktual.com – Bupati Jember Hendy Siswanto mengingatkan kepada pengembang perumahan untuk turut menanggulangi banjir dan genangan air. Terlebih, dalam perencanaan sebelum perumahan dibangun, harus ada kajian dan penerapan yang mampu menampung air buangan dari warga perumahan secara mandiri dan tidak langsung menyalurkannya ke sungai atau saluran air umum.

“Tadi saya mengingatkan untuk lebar saluran irigasinya, supaya diperhatikan betul. Jadi, untuk tampungan airnya itu betul-betul dengan diperhatikan volume air yang akan lewat saluran air yang ada,” ujar Bupati Jember Hendy Siswantodi Hotel Royal Jember, Kamis (08/12).

Menurutnya, penyebab utama terjadinya banjir itu adalah kebanyakan saluran irigasi yang ada belum bisa menampung debit air yang melewati saluran tersebut, sehingga meluap dan menyebabkan banjir.

“Bukan saluran irigasinya penyebabnya, tetapi saluran irigasi ini harus bisa menampung air yang ada, jadi nanti harus dari pengembang maupun dari pemilik perumahan sama-sama merawat,,” ungkap Bupati.
Untuk itu Pemkab akan terus mengawal terkait saluran irigasi tersebut hingga sesuai dengan ukurannya.

“Makanya dengan adanya perumahan yang baru ini, kita dari awal sudah kita ingatkan supaya tidak menjadi problem masalah banjir,” pungkasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)