Bupati Jember Hendy Siswanto, sampaikan ke awak media saat peninjauan Jembatan terputus di desa klungkung, Kecamatan Sukorambi, Jember. Foto: Aktual/Aziz
Bupati Jember Hendy Siswanto, sampaikan ke awak media saat peninjauan Jembatan terputus di desa klungkung, Kecamatan Sukorambi, Jember. Foto: Aktual/Aziz

Bupati Jember Hendy Siswanto, sampaikan ke awak media saat peninjauan Jembatan terputus di desa klungkung, Kecamatan Sukorambi, Jember. Foto: Aktual/Azi

Jember, Aktual.com – Pasca Banjir luapan Sungai kalijompo, Pemerintah Kabupaten Jember lebih serius dalam penanganan banjir kali ini.

Dimana sebelumnya luapan banjir sungai kalijompo menggenangi rumah warga termasuk rumah pribadi Bupati Jember, yakni di kampung ledok, kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jember pada Senin (17/01) kemarin.

Dengan hal ini, Bupati Jember Hendy Siswanto, langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi Jawa Timur dalam Penanganan banjir luapan sungai Kalijompo.

Hal tersebut disampaikan saat melakukan peninjauan jembatan terputus di desa klungkung, Kecamatan Sukorambi, Jember pada Selasa (18/01).

“Kami juga sudah mengkordinasikan dengan pemerintah provinsi dan hari ini ada bapak prabowo dari BKSDA Provinsi, yang mana semalam kami juga sudah dihubungi ibu gubernur dan kami sampaikan penanganannya kepada beliau,” ujar Bupati Hendy.

Penanganan komperensif yang tentunya bukan penanganan sungainya saja, tetapi lebih utama pada di Hulu yakni dikaki lereng gunung argupuro dan disitu harus ada pengaturan sistem pembagian debit air yang terjadi hujan sewaktu – waktu khususnya diakhiri tahun.

Ditanya soal kerjasama nantinya, Pemkab Jember terlebih dahulu akan melakukan pemetaan dengan mendesain sistem pembagian debit air tersebut.

“kami akan melakukan desain dulu dengan pemetaan dipemkab Jember, setelah itu kami ajukan ke provinsi dan tingkat pusat. karena biasanya ini tidak sedikit cukup besar dan cukup lama nantinya proses pembangunannya karena lokasinya juga tidak ada akses jalan menuju kesana dan ini perlu ada ekstra sedikit pos yang cukup besar disitu,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Pasca banjir semalam, melakukan bersih – bersih bersama warga dan membantu semua kebutuhan warga yang terdampak banjir.

“Kita bantu dengan bantuan sembako, makanan dan obat – obatan serta matras alas, rumah tidak ada yang roboh cuma hanya genangan,” pungkasnya.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)