Pelalawan, Aktual.com – Pelantikan Pengurus Perkumpulan Sambo Indonesia (PERSAMBI) Kabupaten Pelalawan masa bakti 2021 – 2026 resmi dilantik oleh Drs. H. Ian Machyar, MM selaku ketua PERSAMBI Provinsi Riau, Sabtu (6/8).

Ian Machyar mengatakan dalam sambutannya berharap para atlit Samozashchita Bez Oruzhia (SAMBO) giat berlatih untuk dapat memberikan emas untuk Provinsi Riau. Ia melanjutkan, Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, petarung Sambo Riau sukses membuktikan meraih medali emas bagi kontingen Riau. Tim ini menyumbangkan 2 medali emas dan 1 medali Perak.

Marganda Panjaitan selaku ketua PERSAMBI Pelalawan yang dilantik mengatakan SAMBO merupakan cabang olahraga baru di Pelalawan. Ia sangat optimis kedepannya atlit SAMBO Pelalawan akan memberikan prestasi terbaik untuk Pelalawan juga Provinsi Riau pada PON 2024 di Aceh.

“PERSAMBI baru saja menjadi keluarga KONI Pelalawan. Kami selaku pengurus akan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Pelalawan,” ujarnya.

Dalam kegiatan pelantikan bela diri SAMBO turut hadir Bupati Pelalawan H. Zukri. Bupati menyampaikan kepada semua cabang olahraga dapat mengharumkan nama Kabupaten Pelalawan dengan Prestasi. Ia juga berpesan Cabor yang ada harus melakukan pembinaan atlit agar Pelalawan memiliki atlit yang benar-benar putra asli Pelalawan.

“Lakukanlah pembinaan kepada atlit-atlit kita Pelalawan agar Prestasi untuk Kabupaten kita memiliki Prestasi yang berkelanjutan, jangan hanya mengejar prestasi yang nanti kita meminjam atlit dari luar,” ujar Zukri.

Selanjutnya, Supratman, SE yang merupakan ketua KONI Pelalawan mengatakan SAMBO merupakan cabang olahraga baru dalam keluarga KONI Pelalawan. SAMBO sendiri baru di sahkan tergabung dalam Rapat Kerja KONI tahun 2022.

“Alhamdulillah Pak Bupati tahun ini dalam rapat kerja KONI semalam KONI telah menerima lima cabang olahraga baru. Bertambah anggota Pak Bupati anggaran yang dibutuhkan juga akan bertambah Pak,” jelas Supratman.

Untuk diketahui, Sambo merupakan olahraga atau seni bela diri yang berasal dari Rusia yang populer pada tahun 1940-an. Sambo adalah singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia yang artinya pertahanan diri tanpa senjata. Saat ini Sambo digunakan untuk seni bela diri militer tentara Rusia. ***

(Ikhwan Nur Rahman)