Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersilaturahmi dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta puluhan ulama di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Kampung Jatipulo, Desa Cakung, Kecamatan Binuang, Kamis (30/1/2020). ANTARA/Lukman Hakim
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersilaturahmi dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta puluhan ulama di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Kampung Jatipulo, Desa Cakung, Kecamatan Binuang, Kamis (30/1/2020). ANTARA/Lukman Hakim

Serang, aktual.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi warga Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan meminta untuk selalu menjaga kondusifitas daerah tertua di Provinsi Banten itu.

Hal itu disampaikannya saat bersilaturahmi dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta puluhan ulama di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Kampung Jatipulo, Desa Cakung, Kecamatan Binuang, Kamis (30/1).

“Saya menyambut baik kegiatan silaturahmi ini, kita harus menjaga keamanan negara kita, khususnya Kabupaten Serang harus kondusif. Garda terdepannya adalah NU, karena NU sangat moderat. Sangat menerima perbedaan,” katanya.

“Jadi pada kesempatan baik ini, saya pribadi dan atas nama pemda berterimakasih karena kondisi Kabupaten Serang kondusif. Ini merupakan bagian upaya dari para kasepuhan NU di Kabupaten Serang,” ujar Tatu menambahkan.

Ia melanjutkan IPNU dan IPPNU merupakan generasi penerus bangsa yang harus siap menerima estafet pembangunan, serta kepemimpinan di Kabupaten Serang.

“Generasi IPNU dan IPPNU akan menggantikan kami yang duduk di pemerintahan sekarang, yang sedang menjalankan roda pemerintahan. Adik-adik harus mempersiapkan dengan menimba ilmu pendidikan yang tentunya pendidikan formal dan agama,” ucapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut sejumlah camat, kepala desa se-Kecamatan Binuang, Ketua PC IPNU Kabupaten Serang, Rekan Hafidzi, Ketua Pembina IPNU Kabupaten Serang Kiki Fauzi, Pimpinan Ponpes Darul Ulum KH Junaidi, para ulama dan ustad, serta puluhan santri-santriwati Ponpes Darul Ulum.

Pimpinan Ponpes Darul Ulum KH Junaidi berharap, baik Pemkab Serang, IPNU, dan IPPNU untuk bersama-sama membina serta menjaga kelestarian keamanan dan kedaulatan NKRI.

“Kalau tidak dibina dari semenjak dini, IPNU dikhawatirkan kaum nahdliyin akan lemah. Maka dengan adanya pembinaan dari pemda khususnya Ibu Bupati Serang, mudah-mudahan semakin baik khususunya untuk NU,” ujarnya.

Pembina IPNU Kabupaten Serang, Kiki Fauzi mengatakan, kegiatan pengkaderan dan silaturahmi bersama Bupati Serang merupakan bagian dari kebersamaan NU dalam menjaga NKRI.

Saat ini ia menilai ada fenomena kemunculan oknum yang mengaku memiliki warisan serta mendirikan kerajaan serta organisasi yang ingin memecah NKRI.

Selain itu lanjutnya, kaderisasi kali ini ditekankan untuk kader IPNU-IPPNU agar bisa menyaring informasi atau menangkal hoaks di Kabupaten Serang.

“Bahkan ada yang menuding kepada Ibu Bupati tidak peduli terhadap pendidikan keagamaan, dan itu fitnah atau hoaks. Ibu Bupati Serang sangat peduli dengan pendidikan, khususnya pendidikan keagamaan,” tegasnya.

(Eko Priyanto)