Jakarta, Aktual.com – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Makassar, Sulawesi Selatan – Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat, terjun bebas ke jurang sedalam 30 meter akibat rem blong sehingga sopir tidak kuasa mengendalikan.

“Peristiwa ini terjadi saat bus Piposs dengan nomor polisi DD 7697 AZ memasuki wilayah kota Mamuju tepatnya di dekat kampus STAI Al-Azari Mamuju, sekitar pukul 05.30 Wita pagi tadi,” kata Kasat Lantas Polres Mamuju AKP Adriansyah di Mamuju, Kamis (14/7).

Menurutnya, peristiwa ini membuat 27 penumpang bus panik dan trauma namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas ini.

“Tidak ada korban jiwa atas kejadian itu. Hanya, saja sebagian hanya mengalami luka ringan akibat terguncang saat bus terjung bebas ke dalam jurang sedalam 30 meter itu,” terang Ardiansyah.

Kondisi bus mengalami kerusakan parah dan belum bisa dievakuasi dari lokasi kejadian di seputaran wilayah Salupangi sekitar 1 kilometer arah selatan dari kota Mamuju.

Adriansyah menambahkan, sopir angkutan bus Jabar (30) telah dibawa ke Polres untuk menjalani pemeriksaan atas peristiwa yang hampir saja merenggut nyawa puluhan penumpangnya.

Salah satu penumpan bus Kuswanto menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa pada kejadian itu namun demikian dirinya merasa trauma atas kejadian yang hampir saja menelan korban tersebut.

“Alhamdulillah kami semua yang ada di dalam bus selamat pak. Andai saja bus terguling maka keadaannya akan lain,” ujarnya dengan nada terbata-bata.

Dia menjelaskan bus Makassar menuju Topoyo ini awalnya melaju dengan lancar saat di Salupangi namun saat tiba di tikungan menurun tiba-tiba mengalami rem blong.

“Kedengaraanya seperti gemuruh tiba-tiba terdengar suara benturan keras. Kemudian sopir membanting stir dan menabrak pembatas jalan lalu terjun ke jurang sedalam sekitar 30 meter,” ujarnya.

(Nebby)