Beranda Internasional Cabut Syarat Penjualan F-16, AS Tegaskan Kerjasama dengan Turkiye Sangat Penting

Cabut Syarat Penjualan F-16, AS Tegaskan Kerjasama dengan Turkiye Sangat Penting

FILE PHOTO: U.S. State Department spokesperson Ned Price gestures at a news conference at the State Department in Washington, D.C., U.S. February 28, 2022. Andrew Harnik/Pool via REUTERS

Washington, aktual.com – Amerika Serikat (AS) pada Rabu mengatakan kerja sama keamanan dengan Turkiye ‘sangat penting’ setelah anggota parlemen mencabut beberapa ketentuan terkait penjualan jet tempur F-16 ke Ankara. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan Turkiye merupakan sekutu penting NATO’ dan ‘mitra keamanan penting’.

“Kami ingin memastikan bahwa kemampuan pertahanan kami terintegrasi, dan Turki memiliki apa yang dibutuhkan untuk menghadapi ancaman besar yang dihadapinya. Tidak ada sekutu NATO yang menghadapi lebih banyak serangan teroris di wilayahnya daripada sekutu Turki kami,” ujarnya seperti dilansir dari Anadolu Agency, Jum’at (9/12) pagi.

Price pun kembali menegaskan kerja sama AS dengan Turkiye di bidang keamanan sangat penting. Dia menekankan pernyataan tersebut sambil mengingatkan bahwa hal ini juga dibahas oleh Presiden Turki dan AS pada KTT NATO di Madrid pada Juni lalu.

“Ini sudah menjadi diskusi di tingkat bawah juga. Ini adalah diskusi yang kami lakukan dengan Kongres. Kami ingin memastikan bahwa keputusan apa pun, tindakan apa pun yang dibuat konsisten dengan kepentingan keamanan nasional kami. Dan konsisten dengan tujuan keamanan bersama yang juga kami miliki bersama dengan sekutu Turki kami,” ucap Price.

Amandemen yang diperkenalkan di Dewan Perwakilan Rakyat AS yang membuat penjualan jet tempur F-16 ke Turkiye bergantung pada serangkaian persyaratan telah dihapus dalam RUU anggaran pertahanan terakhir pada Selasa kemarin.

Ankara meminta F-16 dan paket modernisasi pesawat tempur itu pada Oktober 2021. Kesepakatan senilai USD6 miliar akan mencakup penjualan 40 jet, serta kit modernisasi untuk 79 pesawat tempur yang sudah dimiliki Angkatan Udara Turki dalam inventarisnya.

(Megel Jekson)