Jember, Aktual.com – Camat Ambulu bersama Puskesmas Andongsari, merespon penyebaran deman berdarah (DB) yang angkanya mukai naik di musim penghujan. Secara masif, mereka melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Andongsari, Jumat (9/12).

Camat Ambulu Gatot Suharyono, dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa PSN yang dilakukan bersama dengan Staf PMKS dan kepala Puskesmas Andongsari difokuskan di sekitar Balai Dusun Tirtoasri Andongsari Tengah, dengan melibatkan masyarakat sekitar.

“Hari ini kami bersama dengan bu Yayuk (dr. Yayuk Mardani, kepala Puskesmas Andongsari) menggalakan kegiatan PSN di sekitar balai dusun bersama Pemdes dan masyarakat sekitar,” ujar Gatot.

Gatot menjelaskan,bahwa kegiatan PSN ini untuk melakukan pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah (DB), mengingat saat ini hujan masih terus berlangsung, dan dikhawatirkan beberapa genangan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aides aigepty.

“Kami membagi 4 tim, sebagai penyesuaian jumlah RT dan RW, tim menyasar ke rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan terhadap jentik nyamuk, baik di kamar mandi, tempat penampungan air, selokan dan tempat lain yang memungkinkan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk,” beber Gatot.

Sementara dr. Yayuk Mardiani, Kepala Puskesmas Andongsari, pada kesempatan berkunjung kerumah warga, selain melakukan pemeriksaan terhadap jentik nyamuk, dirinya bersama petugas dari Puskesmas juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengtingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, hal ini sebagai upaya agar nyamuk demam berdarah tidak berkembang biak.

“Disamping memeriksa jentik nyamuk dirumah-rumah warga, kami bersama tim juga memberikan edukasi dan pengarahan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan cara agar Nyamuk Demam berdarah tidak bisa berkembangbiak,” pungkas Yayuk.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)