Jakarta, Aktual.com — Mata ikan merupakan sejenis kutil yang sering berada di sekitar telapak kaki atau pun tangan. Biasanya gejala yang ditimbulkan yaitu, pengerasan atau penebalan di bagian kulit di daerah tersebut. setelah itu, nampak pula penjolan-benjolan kecil menyerupai mata ikan.

Mata Ikan disebabkan adanya virus Human Papillomavirus (HPV). Virus tersebut bisa timbul karena beberapa kondisi seperti, Kurang terjaganya kebersihan misalnya kaus kaki lembab akibat tidak pernah dicuci.

Selain itu, juga disebabkan oleh tekanan yang berlebihan akibat penggunaan sepatu yang terlalu sempit, adanya gesekan terus menerus pada area kaki atau tangan, serta penggunaan kamar mandi bersama di tempat umum sepeerti kolam renang atau gym.

Mata ikan memang cukup mengganggu pemandangan dan juga kenyamanan beraktivitas. oleh karena itu, segeralah disembuhkan. Berikut beberapa cara menghilangkan mata ikan secara alami:

Getah Pepaya
Caranya yaitu, dengan membersihkan kaki Anda. Lalu, rendam menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. masukkan area yang terkena mata ikan, dan rendam selama 15 menit. Setelah itu angkat serta keringkan. setelah kering, oleskan getah pepaya di area mata ikan. Lakukan hingga mata ikan hilang

Getah Kamboja
Getah Kamboja memang terkenal sebagai obat kulit yang paling mujarab. Cara menghilangkan menggunakan getah kamboja sama dengan cara Getah pepaya di atas.

Daun Dewa
Daun Dewa memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Daun ini juga berfungsi untuk mengobati penyakit mata ikan. caranya, dengan mengambil lima helai daun dewa, kemudian tumbuk hingga ancur. kemudian balurkan pada area mata ikan.

Bawang Putih
Cara serupa dapat juga berfungsi pada bawnag putih. Usai bawang putih dihaluskan, balurkan pada area mata ikan kemudian balut mengunakan perban.

Rokok
Cara mengobati mata ikan yang selanjutnya ini cukup ekstrim, yakni menggunakan rokok yang sedang menyala. Caranya, dekatkanlah bara rokok yang menyala ke area mata ikan hingga kurang lebih setengah sentimeter. Tahanlah terus selama 5 menit.

Batu Apung
Cara selanjutnya yang juga cukup tradisional adalah dengan menggunakan batu apung. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu area yang terkena mata ikan seperti cara di atas. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung untuk menipiskan penebalan kulit di daerah tersebut.

()