Aktual.co —Mungkin buat Anda pengguna Smartphone, sudah tidak aneh dengan virus-virus smartphone Anda yang bernama Trojan. 
Namun baru-baru ini pihak Kaspersky Lab baru saja mendeteksi virus Trojan baru yang menargetkan perangkat Android dan menyamar sebagai game yang menyenangkan, yaitu Tic Tac Toe. 
Agar malware jahat ini tidak menginfeksi smartphone Anda, dikutip dari lipt6, Minggu (19/10), berikut beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan.
Jangan mengaktifkan pilihan instal aplikasi dari pihak ketiga. Jika Anda memang ingin mendownload gunakanlah dan instal aplikasi dari jalur resmi, seperti di toko aplikasi Google Play Store, Apple App Store, Amazon Store, dan toko aplikasi resmi lainnya. 
Saat sedang menginstal aplikasi baru, hati-hati dalam mempelajari hal-hal yang diminta. Jika hal-hal yang diminta tidak sesuai dengan fungsi aplikasi yang dimaksud, jangan menginstal aplikasi tersebut.
Sebagai informasi, malware anyar yang baru saja ditemukan tim Kaspersky Lab dijuluki sebagai Trojan Gomal yang mengumpulkan informasi tentang perangkat yang diinfeksi dan mengirimkan semua data ke server utama. 
Bukan itu saja, program jahat ini juga memiliki fungsi baru yang jarang terlihat dalam jenis malware lainnya. Gomal memiliki semua fungsi spyware yang dapat merekam suara, melakukan panggilan, dan mencuri SMS.
Selain itu juga, malware ini juga memiliki mekanisme yang menyediakan akses ke berbagai layanan Linux dan menyerang sistem operasi berbasis Android. Secara khusus, Trojan dapat membaca memori dan membahayakan banyak aplikasi komunikasi.
Maka dari itu untuk terus menggunakan aplikasi download terpercaya untuk teteap menjaga keprivasian isi smartphone Anda.

()