Hong Kong, Aktual.com – Ratusan pengunjuk rasa bergerombol di luar bandar udara internasional Hong Kong pada Minggu (1/9).

Aksi yang mengacaukan jalur transportasi itu digelar untuk memusatkan perhatian dunia pada perjuangan mereka  menciptakan demokrasi lebih luas di Hong Kong.

Layanan semua kereta ke bandara telah dihentikan sementara dan laju lalu lintas mengalami kemacetan setelah para pemrotes mengajak masyarakat untuk membanjiri jalanan dan rantai perjalanan kereta menuju bandara di kota itu, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia.

Namun, para penumpang pesawat masih bisa masuk dan keluar terminal bandara dengan bebas. Pesawat-pesawat juga masih dapat lepas landas sementara hujan turun karena tekanan tropis mendekati Hong Kong dari arah tenggara.

Pihak berwenang telah meningkatkan sinyal kedatangan topan ke tingkat tiga dan memperingatkan bahwa topan kuat sedang mengarah ke kota itu.

Polisi memperingatkan bahwa aksi bergerombol di bandara adalah tindakan yang melanggar hukum dan mengatakan pihaknya akan segera melaksanakan “operasi pembubaran”.

Sumber: Reuters

(Arbie Marwan)