Ilustrasi Tempat Wisata

Jakarta, aktual.com – Pemerintah DKI Jakarta akan menutup semua tempat wisata di Jakarta mulai Sabtu (14/3). Penutupan ini akan dilakukan selama dua pekan ke depan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona.

Selama penutupan akan dilakukan proses pembersihan dengan disinfektan. Berikut ini 21 tempat wisata di Jakarta yang tutup.

  1. kawasan Kota Tua
  2. Ancol
  3. Dufan
  4. Atlantis
  5. Gelanggang Samudera
  6. Seaworld
  7. Kebun Binatang Ragunan
  8. Kawasan Monumen Nasional (Monas)
  9. Anjungan DKI di Taman Mini Indonesia Indah
  10. PBB Setu Babakan
  11. Planetarium
  12. Taman Ismail Marzuki
  13. Museum Bahari
  14. Rumah Si Pitung
  15. Taman Arkeologi Onrust
  16. Museum Sejarah Jakarta
  17. Museum Prasasti
  18. Museum MH Thamrin
  19. Museum Seni Rupa dan Keramik
  20. Museum Tekstil Museum Wayang
  21. Museum Joang 45

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan menetapkan penutupan ini untuk meminimalkan kegiatan warga di tempat keramaian untuk mencegah penyebaran virus corona. Selama periode penutupan, akan diadakan pembersihan dengan disinfektan. “Semua destinasi wisata dan tempat hiburan milik Pemprov DKI Jakarta akan ditutup selama dua minggu ke depan,” ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/3).

Selain tempat wisata, Anies juga mengatakan bahwa selain menutup tempat wisata juga akan meniadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day selama dua pekan ke depan atau pada 15 Maret dan 22 Maret 2020.

Sementara itu, transportasi umum masih tetap akan beroperasi dengan normal. Anies mengaku akan kembali meninjau kondisi ini setelah dua pekan ke depan. Pemprov DKI akan melihat perkembangan penularan virus corona di Indonesia selama dua pekan ini. Hingga Jumat (13/3) sore telah ada 69 kasus positif corona di Indonesia. Empat orang di antaranya telah meninggal dunia dan lima pasien dinyatakan sembuh. [kompas]

(Eko Priyanto)