Material longsor di Garut seret tiga Lansia (Foto: Dok/Ist)
Material longsor di Garut seret tiga Lansia (Foto: Dok/Ist)

Garut, Aktual.com Seorang petani lansia berhasil menyelamatkan diri setelah dirinya terseret tanah longsor di areal persawahan, Kecamatan Malangbong, Garut, Selasa (5/4).

Bencana tanah longsor terjadi di areal pertanian yang di sekitarnya ada tiga petani yang tengah menggarap lahan mereka.

Seorang korban selamat dari longsor, Ruhiyah (73) warga Kampung Saktijaya, Desa Sanding, Malangbong mengatakan sebelum kejadian sempat mendengar suara gemuruh, kemudian datang longsor.

Dirinya sempat terseret, beberapa kali terjatuh, dan sempat juga tertimbun kemudian kembali terseret oleh longsor hingga akhirnya bisa merangkak ke tempat yang aman lalu diselamatkan oleh warga.

Material longsor di Garut seret tiga Lansia (Foto: Dok/Ist)
Material longsor di Garut seret tiga Lansia (Foto: Dok/Ist)

“Nenek terus saja merangkak, menjauh,” katanya kepada wartawan, Selasa (4/5).

Baca juga: Tiga Lansia di Garut Terseret Longsor Saat Bertani

Selain Ruhiyah, ada juga warga lainnya yang juga terdampak bencana tanah longsor yakni Suhanda (50) dan Sumarni (57) warga Desa Sanding.

Pengakuan Sumarni, material longsor itu tidak menimbunnya, hanya menyeretnya seperti air sampai beberapa meter hingga akhirnya longsor berhenti lalu lari ke tempat aman.

“Seperti terbawa air, pas sudah jauh lalu tanahnya berhenti,” katanya.

Akibat peristiwa itu, Kepala Desa Sanding Heri Supriadi mengatakan puluhan petak sawah milik warga sekitar dengan luas lahan sekitar 3 hektare rusak.

Adanya longsor itu, kata dia, jajarannya mengimbau masyarakat yang biasa bertani untuk tidak beraktivitas di sawah karena khawatir terjadi longsor susulan.

“Tanahnya masih labil, ditakutkan ada longsoran susulan, kami imbau masyarakat tidak beraktivitas di sawah dulu,” kata Heri.

(Wisnu)