Tangkapan layar hasi survei elektabilitas calon presiden untuk pemilihan umum 2024 yang disiarkan oleh indEX Research

Jakarta, Aktual.comCharta Politika Indonesia menggelar survei terkait dengan pilihan pemilih partai politik terhadap sejumlah tokoh yang potensial menjadi capres pada Pilpres 2024. Hasilnya, pemilih PDIP, Golkar, dan PPP mayoritas memilih Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menuturkan, pemilih PDIP semakin meningkat untuk memilih Ganjar. “PDI Perjuangan makin bulat suaranya 68,3 persen dari seluruh pemilih PDI Perjuangan ini memilih Ganjar Pranowo,” ujar Yunarto dalam keterangannya dikutip, Kamis (22/12).

Selain PDIP, Yunarto juga menyampaikan bahwa hasil survei memperlihatkan pemilih Golkar yang memilih Ganjar mencapai 37,3 persen. Sementara pemilih PPP yang tercatat memilih Ganjar sebesar 27,8 persen.

Selanjutnya, pemilih Perindo juga terlihat banyak yang memiilh Ganjar. Jumlahnya mencapai 34,1 persen. Kemudiaan diikuti pemilih PSI yang memilih Ganjar sebesar 83,3 persen.

Dalam survei ini diketahui bahwa Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dalam simulai tiga nama calon dengan elektabilitas mencapai 37 persen. Kemudian diikuti Anies Baswedan (29,2 persen) dan Prabowo Subianto (26,1 persen).

Survei Charta Politika Indonesia diselenggarakan pada 8-16 Desember 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang minimal berusia 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,82 persen.

(Wisnu)