Ganjar Pranowo (kiri), Anies Baswedan (tengah) dan Prabowo Subianto (kanan) diprediksi seiring berjalannya waktu, sosok dan ketokohannya akan meredup jelang pilpres 2024, terutama Anies dan Ganjar yang habis masa jabatan gubernurnya sebelum 2024. Aktual.com/Kumparan

Jakarta, Aktual.comCharta Politika Indonesia menggelar survei terkait dengan kemanatapan pilihan publik tehadap capres pada Pilpres 2024. Hasilnya, sebanyak 67,7 persen responden menyatakan sudah mantap memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menuturkan persentase itu berdasarkan base lain simulasi elektabilitas 10 nama capres. Dalam simulasi itu, elektabilitas Ganjar mencapai 31,7 persen.

“Ketika responden ditanya apakah pilihan sudah mantap atau masih mungkin berubah, sebanyak 67,7 persen menyatakan sudah mantap memilih Ganjar,” ujar Yunarto dalam rilis survei yang diselenggarakan secara virtual di YouTube Charta Politika, Kamis (22/12).

Sedangkan responden yang menyatakan sudah mantap memilih Anies Baswedan dengan base line sebesar 23,9 persen mencapai 62,9 persen. Sementara Prabowo dengan base line sebesar 23 persen mencapai 60 persen.

Adapun responden yang masih mungkin mengubah pilihan dari Ganjar hanya sebesar 31 persen. Sedangkan Anies sekitar 30,9 persen dan Prabowo mencapai 35 persen.

Survei Charta Politika Indonesia diselenggarakan pada 8-16 Desember 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang minimal berusia 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,82 persen.

(Wisnu)