Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono (tengah). ANTARA/Dokumentasi Polri

Jakarta, Aktual.com – Polri kembali melakukan mutasi dan promosi sejumlah pejabat tinggi (pati). Ada 8 Kapolda diganti hingga suami jaksa Pinangki Sirna Malasari, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, dan Kalab DNA Pusdokkes Polri Kombes Putut Tjahyo Widodo ikut terkena mutasi di tubuh Polri.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2245/VII/KEP./2020, surat telegram lain ST/2246/VII/KEP./2020, ST/2247/VII/KEP./2020, ST/2248/VII/KEP./2020, ST/2249/VII/KEP./2020, ST/2250/VII/KEP./2020, yang terbit pada Senin (3/8). Surat itu ditandatangani atas nama Kapolri, oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

“(Mutasi dalam rangka) Penyegaran organisasi,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (4/8).

Dalam surat tersebut tertuang Irjen Raja Erizman akan meninggalkan jabatan Kadiv TIK Polri dan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri TTK. Sementara itu posisi Kadiv TIK Polri akan diisi Irjen Muktiono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Sementara itu jabatan Kapolda Kaltim akan diisi oleh Irjen Herry Rudolf yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri. Sementara itu jabatan Asops Kapolri akan diisi Brigjen Imam Sugianto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalbar.

Sedangkan posisi Wakapolda Kalbar akan diisi Brigjen Asep Safrudin yang sebelumnya sebagai Karobindiklat Lemdiklat Polri. Berikutnya Kombes Desmawan Putra mengisi jabatan Karobindiklat Lemdiklat Polri dari sebelumnya menjabat Sespusjarah Polri.

Kemudian menggantikan Desmawan, Kombes Sofyan Nugroho menjabat sebagai Sespusjarah Polri dari sebelumnya menjabat sebagai Kabag SDM Rorenmin Lemdiklat Polri. Selanjutnya, jabatan Kabag SDM Rorenmin Lemdiklat Polri diisi oleh Kombes Supriyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Wassidik Bareskrim Polri.

Jabatan wairwasum Polri akan ditinggalkan Irjen Umar Septono yang akan mengisi jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Selanjutnya jabatan Kabaganev Robinops Sops Polri akan ditinggalkan Brigjen Rusdi Hartono yang diangkat menjadi Karobinops Sops Polri.

Sementara itu jabatan Kabaganev Robinops Sops Polri akan diisi Kombes Muhammad Firman yang akan meninggalkan jabatan Karoops Polda Jatim. Sedangkan Kombes Puji Santosa akan menggantikan Kombes Muhammad Firman sebagai Karoops Polda Jatim dari yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Kemudian jabatan Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) akan ditinggalkan Irjen Indrajid. Dia dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Kaltara akan diisi Irjen Bambang Kristiono yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Lalu jabatan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) akan ditinggalkan Irjen Royke Lumowa yang kini menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Irjen Z Panca Putra akan mengisi jabatan sebagai Kapolda Sulut.

Kemudian jabatan Kapolda Sulsel akan ditinggalkan Irjen Mas Guntur Laupe yang akan diangkat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Sulsel akan digantikan oleh Irjen Merdisyam yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sementara Kapolda Sultra akan dijabat oleh Brigjen Yan Sultra Indrajaya yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sultra. Posisi Wakapolda Sultra kini diisi oleh Brigjen Waris Agono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK II Sespim Lemdiklat Polri. Sedangkan posisi Waris Agono sebelumnya akan diisi Brigjen Iswahyudi.

Kemudian jabatan Karojemengar Srena Polri akan diisi oleh Brigjen Kasumudi yang sebelumnya menjabat sebagai Karomonev Srena Polri. Posisi Kasmudi selanjutnya akan digantikan oleh Kombes Taufik Pribadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagjakum Rojakstra Srena Polri.

Sedangkan posisi Taufik akan digantikan oleh Kombes Pol Andik Setiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagprogar Rojianstra Sops Polri. Sementara posisi Kabagprogar Rojianstra Sops Polri akan diisi oleh Kombes Aan Suhanan yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri.

Sementara posisi Aan akan digantikan oleh Kombes Bakharuddin Muhammad Syah yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang PJR Korlantas Polri. Kemudian, jabatan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) akan ditinggalkan oleh Irjen Syafril Nursal yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Sulteng akan diisi oleh Brigjen Abdul Rahman Baso.

Kemudian menggantikan Brigjen Abdul Rakhman Baso, Brigjen Setyo Boedi Moempoeni Harso akan diangkat sebagai Wadankorbrimob Polri. Sebelumnya Setyo menjabat sebagai Karodalops Sops Polri, kini posisi tersebut diisi oleh Brigjen Endi Sutendi.

Jabatan Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BPOM) akan ditinggalkan Brigjen R Uman Faroq yang akan diangkat jabatan baru sebagai Wakapolda Sulbar. Kemudian, Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri akan diisi Irjen Hamidin.

Jabatan Danpaspelopor Korbrimob Polri akan ditinggalkan oleh Brigjen Verdianto Iskandar Bitticaca yang diangkat sebagai Kakorpolairud Baharkam Polri. Kemudian posisi Verdianto akan digantikan oleh Brigjen Imam Widodo yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Selanjutnya jabatan Kapusiknas Bareskrim Polri akan ditinggalkan Brigjen Erwin Azhar Siregar yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pidum Bareskrim Polri. Kemudian Kombes Heru Dwi Pratondo diangkat sebagai Kapusiknas Bareskrim Polri dari yang sebelumnya menjabat sebagai Sespusiknas Bareskrim Polri.

Kini jabatan Heru digantikan oleh Kombes Joko Suharyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid PDAKT Pusiknas Bareskrim Polri. Jabatan Dirsmapta Polda Sulteng akan ditinggalkan Kombes Edy Chumaedi yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabid PDAKT Pusiknas Bareskrim Polri.

Kemudian jabatan Kasubbaglatops Bagops Korbrimob Polri akan ditinggalkan AKBP Barliansyah yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirsamapta Polda Sulteng. Selanjutnya posisi Kabagjianjemenkam Waketbid PPITK STIK Lemdiklat Polri akan ditinggalkan Brigjen Agus Irianto yang akan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama bidang STIK Lemdiklat Polri. Sementara posisi Agus akan digantikan oleh Kombes Faizal.

Jabatan Kabagopsnalkom Rotekkom Div TIK Polri akan tinggalkan oleh Kombes Edy Suryanto yang akan menggantikan Agus Irianto sebagai Kabagduknis Rotekinfo Div TIK Polri. Sementara posisi Edy akan digantikan oleh Kombes Djihartono yang sebelumnya menjabat sebagai Karoops Polda Sumsel.

Sementara Karoops Polda Sumsel akan diisi oleh Kombes Kamaruddin yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri. Jabatan Sespuskeu Polri akan ditinggalkan Brigjen Ashari Jamaluddin yang akan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Keuangan Puskeu Polri.

Jabatan Kabaganevgar Romonev Srena Polri akan ditinggalkan Kombes Ane Kristina yang akan diangkat dalam jabatan baru sebagai Sespuskeu Polri. Sementara jabatan Ane sebelumnya akan digantikan oleh Kombes Kombes Wawan.

Jabatan Kabaganevkinerja Romonev Srena Polri akan diisi oleh AKBP Kus Sri Wahyuni yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbaganevgarlempus Baganevgar Romonev Srena Polri. Sementara itu AKBP Sugandi akan menggantikan posisi AKBP Kus Sri Wahyuni sebelumnya sebagai Kasubbaganevgarlempus Baganevgar Romonev Srena Polri.

Sementara itu AKBP Sugandi akan diangkat sebagai Kasubbaganevgarlempus Baganevgar Romonev Srena Polri. AKBP Sugandi meninggalkan jabatannya sebagai Kapolres Situbondo Polda Jatim. Sementara itu Kapolres Situbondo Polda Jatim kini dijabat oleh AKBP Ach Imam Rifai yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagops Polres Metro Jakbar Polda Metro Jaya.

Kemudian jabatan Kabagdisi Ropal Slog Polri akan ditinggalkan Kombes Paulus Agus Irianto yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pal Slog Polri. Sementara itu Kombes Kunto Prasetyo akan menggantikan Kombes Paulus Agus Irianto dalam posisi Kabagdisi Ropal Slog Polri.

Kombes Pol Didi Wahyudi akan diangkat dalam jabatan baru sebagai Karolog Polda Kepulauan Bangka Belitung dari sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pal Slog Polri. Kombes Isdiyono dimutasi dari Karoops Polda Kalsel menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Kerma Sops Polri.

Jabatan Karoops Polda Kalsel kini diisi oleh Kombes Moch. Noor Subchan dari sebelumnya menjabat sebagai Karoops Polda Sulbar. Sementara itu posisi Karoops Polda Sulbar kini dijabat oleh AKBP Muhammad Helmi yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagrenmin Setukpa Lemdiklat Polri.

AKBP Siskamto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagrenmin Setukpa Lemdiklat Polri. Kombes Pol Supardi dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pal Slog Polri.

Kombes Jakub Prajogo diangkat dalam jabatan baru sebagai Karolog Polda Kepri. Sementara posisi Kaprodiploma Ditpog Sarjana STIK Lemdiklat yang sebelumnya dijabat Kombes Jakub akan digantikan oleh Kombes Wisnu Putra.

Dirlantas Polda Bali akan dijabat oleh Kombes Indra yang sebelumnya menjabat sebagai Ka SPN Polda Jatim. Menggantikan Indra, Kombes Thomas Widodo Rahino diangkat sebagai Ka Spn Polda Jatim yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit V Dittipideksus Bareskrim.

Kombes M Agus Ria Iriawan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri. Kombes Frankie Parsaoran Samosir P diangkat sebagai Analis Utama Bagjianbang Sespim Lemdiklat Polri.Kemudian jabatan Thomas digantikan oleh Kombes Ma’mun yang sebelumnya menjabat sebagai Dirresnarkoba Polda Sumbar. Selanjutnya menggantikan Kombes Ma’mun. Kombes Wahyu Sri Bintoro diangkat sebagai Dirresnarkoba Polda Sumbar dari yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagkhirdin Rowatpres SSDM Polri. Selanjutnya posisi Wahyu Bintoro sebelumnya dijabat oleh AKBP Yong Ferrydjon.

AKBP Slamet Riyadi diangkat dalam jabatan baru sebagai dosen utama STIK Lemdiklat Polri. Kombes Kokot Indarto dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Inafis Bareskrim Polri.

Kombes Deny Edward Siregar diangkat sebagai Kabiddaktium Pusinafis Bareskrim Polri. Kombes Putut Tjahyo Widodo dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dokpol Pusdokkes Polri.

Polri juga melakukan mutasi terhadap Kalab DNA Pusdokkes Polri Kombes Putut Tjahyo Widodo yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Dokpol Pusdokkes Polri. Kemudian jabatan Kalab DNA Pusdokkes Polri akan diisi AKBP Ratna Relawati yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbiddokpol Buddokkes Polda Jateng.

Lebih lanjut, Kombes Rochiyanto dimutasi dari sebelumnya menjabat sebagai Karorena Polda Jatim kini sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Jakstra Srena Polri. Kombes Revindo menjabat sebagai Karorena Polda Jatim.

Kombes Tri Lulus Raharjo diangkat sebagai Karorena Polda Jateng. Kombes Albertus Sampe Sitorus diangkat dalam jabatan baru sebagai Karorena Polda Metro Jaya.

Kombes Putut Prayogi dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Polair Baharkam Polri. Kombes Ponadi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagselbangyar Korpolairud Baharkam Polri.

AKBP Yuldi Yusman diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubditintelair Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Kombes Eka Tjahjanto diangkat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Akpol Lemdiklat Polri.

Kombes Hariono diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagkermadian Ditbintarlat Akpol Kemdiklat Polri. Kombes Moch Rudy Prasetyo diangkat dalam jabatan baru sebagai dosen utama Akpol Lemdiklat Polri.

Kombes Gatot Sujono diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabidpropam Polda Riau dari sebelumnya menjabat sebagai Pemeriksa Utama Roprovos Divpropam Polri. Menggantikan Gatot, AKBP Andree Ghama Putra menjabat sebagai Pemeriksa Utama Roprovos Divpropam Polri.

Kemudian Kombes I Nyiman Sumana Jaya dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Jemen Ops Itwasum Polri. Kombes Awang Joko Rumitro diangkat dalam jabatan baru sebagai Irwasda Polda Bali.

Kombes Pol Sugeng Putut Wicaksono diangkat dalam jabatan baru sebagai Sesroprovos Divpropam Polri. Kombes R Brata Indrajaya dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Jemen Ops Itwasum Polri.

AKBP Napitupulu Yogi Yusuf dimutasi sebagai Kasubbagsismet Bagjiansis Rojiansis Rojianstra Slog Polri dari sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagopsnal Dittipideksus Bareskrim Polri.

Jabatan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) akan ditinggalkan Irjen Hamidin yang kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Irjen Lotharia Latif kini menjabat sebagai Kapolda NTT.

Jabatan Kapolda Gorontalo akan ditinggalkan Irjen Adnas yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Brigjen Akhmad Widyagus akan diangkat sebagai Kapolda Gorontalo.(Detik)

(Warto'i)