Jakarta, Aktual.com – Alumni Akademik Kepolisian (Akpol) 1991 Batalyon Bhara Daksa kembali menggelar kegiatan kemanusiaan berupa bakti sosial di wilayah Jakarta Utara.

Bakti sosial ini dalam bentuk pemberian paket sembako untuk masyarakat yang terdampak adanya pandemi Covid-19.

Adapun alumni Akpol 1991 yang hadir dalam pemberian sembako di Jakarta Utara ini adalah Brigjen Pol Syahardiantono, Brigjen Pol Nasri, Brigjen Pol M. Yassin K, Kombes Pol Mardiyono, Kombes Pol Agus Santoso, Kombes Pol Yulias, AKPB Nanang Rudi, dan AKBP Dahana.

Brigjen Pol Syahardiantono selaku ketua panitia kegiatan baksos Alumni Akpol 1991 Bhara Daksa mengatakan bantuan sosial berupa sembako ini diberikan sebagai komitmen anggota Polri khususnya Akpol 1991 untuk lebih dekat dengan masyarakat.
Selain itu diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

“Kami sadar bahwa pandemi Covid-19 ini memberikan dampak ekonomi yang luar biasa, bukan hanya kesehatan. Ini bukti Akpol 1991 peduli terhadap masyarakat untuk meringankan beban perekonomian yang di kini sulit,” ucap Brigjen Pol Syahardiantono dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/7).

Syahar yang juga menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dittipdter) Bareskrim Polri mengatakan, sebanyak 1.000 Paket Sembako disalurkan untuk masyarakat di wilayah Jakarta Utara melalui Polres Metro Jakarta Utara dan Polsek Tanjung Priok.

Nantinya, Bhabinkamtibmas Polres Jakarta Utara dan Polsek Tanjung Priok yang akan ‘jemput bola’ dengan mendatangi rumah-rumah warga yang layak mendapatkan bantuan sembako ini.

“Kita siapkan 1.000 Paket sembako. Kita berharap paling tidak ini bisa meringankan beban mereka. Nanti bhabinlamtibmas yang akan terjun langsung membagikan dengan mendatangi satu per satu rumahnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, sasaran dari kegiatan baksos ini juga diperuntukan bagi anggota Polri yang terdampak langsung pandemi Covid-19 atau beresiko tinggi dalam tugas Covid-19. Selain itu, masyarakat yang tidak mendapatkan atau tidak tercover bantuan dari pemerintah juga menjadi prioritas untuk mendapatkan baksos dari Akpol 1991 ini.

“Masyarakat yang terdampak yang sangat membutuhkan tapi tidak tercover bantuan pemerintah. Ada juga masyarakat dari luar daerah yang tinggal di ibu kota tapi pekerjaannya berpenghasilan harian atau informal,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini juga dalam rangka memperingati HUT alumni Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa yang ke-29 yang jatuh pada hari ini 27 Juli 2020 dengan mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

Total bantuan paket semabko yaitu 25.600 dan 10 gerobak untuk usaha serta 1 ekor sapi yang dibagikan di 34 Polda seluruh Indonesia. (Fadlan Butho).

(Tino Oktaviano)