Jakarta, Aktual.co —Dinas Perumahan dan Gedung Provinsi DKI Jakarta disebut-sebut menjadi salah satu dinas di DKI Jakarta yang masuk kategori ‘rapor merah’ karena berkinerja buruk.
Nama Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Provinsi DKI, Yonathan Pasodung pun disebut-sebut sebagai salah satu pejabat di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi DKI yang bakal ikut dicopot Pelaksana Tugas Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Saat ditemui di Balaikota usai menggelar rapat pimpinan yang rutin digelar tiap Senin, Ahok memang mengakui kalau Dinas Perumahan masih belum mampu mengatasi permasalahan premanisme atau praktek sewa menyewa unit rusun yang masih marak terjadi. 
“Dinas Perumahan ini juga rapor merah sebenarnya. Ya ini kan masalah ngurusin orang curi mencuri, sewa menyewa, target juga belum tercapai,” ujar Ahok, pagi tadi di Balaikota, Senin (27/10).
Tapi Ahok juga mengatakan kalau kesalahan Dinas Perumahan masih belum tergolong fatal. “Ya tapi ini belum merah-merah banget lah,” ujarnya.
Dengan pernyataan Ahok yang seperti itu, maka belum bisa dipastikan apakah Yonathan akan ikut dalam pejabat yang bakal dicopot minggu ini atau tidak. Memang, Ahok seringkali mengkritik kinerja dari Dinas Perumahan. Dinas tersebut dinilai lamban dalam membangun rusunawa bagi warga bantaran kali yang direlokasi karena terkena kebijakan normalisasi.
Sebagai contoh, Dinas Perumahan sebenarnya harus menyelesaikan 200 hingga 500 blok rusun dalam jangka waktu satu tahun. Namun nyatanya mereka hanya mampu membangun puluhan blok rusun saja. 
Akibatnya, proses normalisasi kali pun terhambat karena masuk harus menunggu relokasi warga di bantaran kali.
Selain itu, lambannya Dinas Perumahan juga ikut disoroti Ahok dalam menangani maraknya premanisme di rusun. Sehingga Ahok pun memutuskan Dinas Sosial DKI saja yang mengelola rusun, sedangkan Dinas Perumahan hanya fokus membangun rusun saja.
Sampai berita ini diturunkan, Kadis Perumahan dan Gedung DKI Yonathan Pasodung belum bisa dihubungi untuk dimintai konfirmasi.

()