Ilustrasi Absensi Online (foto: Dok. Istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Di masa pandemi banyak kantor dan karyawan masih melaksanakan WFH untuk sebagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan namun tetap aman di rumah. Beruntungnya, di masa pandemi ini teknologi sudah berkembangan dengan baik. Para pekerja kantor maupun karyawan lainnya cukup dimudahkan dengan berbagai teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Salah satunya perkembangan teknologi yang berguna untuk kantor adalah masalah absen karyawan. Sekarang ada banyak sekali aplikasi absen karyawan yang bisa dilakukan secara online yang tentunya juga memberikan kemudahan di masa pandemi ini, misalnya aplikasi absen online Mekari Talenta.

Kenapa sih aplikasi absen online harus digunakan oleh perusahaan di masa pandemi ini? Berikut alasan perusahaan harus menggunakan aplikasi absen online.

1. Absen Karyawan di Rumah Semakin Mudah

Di masa pandemi ini, perusahaan harus tetap memikirkan kondisi kesehatan karyawannya namun pekerjaan juga tetap harus berjalan. Cara yang bisa dilakukan ialah dengan menerapkan WFH atau work from home di mana karyawannya bekerja dari rumah.

HRD maupun owner bisnis harus tetap menilai kinerja karyawan dengan baik mulai dari absen karyawan sampai target kerja. Aplikasi absen online bisa membantu HRD untuk menilai kinerja karyawan dengan mudah. Bagaimana caranya?

Dalam aplikasi absen online, terdapat fitur time tracker sehingga bisa mendeteksi waktu masuk dan pulang karyawan dengan baik. Di mana informasi kehadiran dan jam pulang karyawan ini bisa langsung terinput dengan baik kepada HRD. Jadi, penilaian karyawan yang terlambat ataupun tepat waktu bisa dilakukan dengan baik. Tidak perlu menggunakan cara manual karena penilaian bisa dilakukan dengan baik.

2. Menghindari kumpulan / Antrian Absen Saat WFO

Saat WFO, cara absen manual biasanya menggunakan fingerprint dimana cara absen ini menimbulkan kerumunan pada karyawan. Menggunakan aplikasi absen online, perusahaan bisa menghindari kerumunan karyawan saat absen karena absen karyawan online cukup menggunakan smartphone masing-masing, dan absen menggunakan kamera selfie. Dengan begitu masuk kantor saat bekerja lebih aman karena tidak menggunakan satu media untuk bergantian maupun gerombolan.

3. Pengajuan Izin Lebih Mudah

Saat WFO maupun WFH umumnya pengajuan izin hanya dilakukan via pesan pribadi, padahal hal ini kurang patut dilakukan. Pun HRD juga harus melakukan penilaian secara manual jika masih menggunakan cara absen konvensional.

Dengan menggunakan aplikasi absen online, HRD tidak perlu melakukan pendataan secara manual karena izin karyawan sudah masuk di data absen karyawan karyawan. Karyawan bisa melakukan izin melalui aplikasi absen online dengan mudah dan tentunya langsung diketahui HRD dengan baik. Salah satu aplikasi absen online yang memudahkan masalah perizinan ini adalah aplikasi absen online Mekari Talenta.

4. Mengurangi Kecurangan Karyawan

Aplikasi absen online memiliki pengaturan GPS dimana karyawan hanya bisa absen karyawan di daerah yang telah ditentukan atau di titik tertentu. Perusahaan bisa mengatur daerah atau titik untuk absen karyawan di wilayah kantor, sehingga karyawan hanya bisa absen di titik tersebut.

Hal ini salah satu cara untuk mengurangi kecurangan karyawan yang seringkali tertangkap basah melakukan “titip absen”. Menggunakan aplikasi absen online bisa menampilkan data real-time absen kedatangan karyawan dengan baik. Jadi, kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi sangat minim.

5. Penilaian Karyawan Lebih Akurat

Menggunakan aplikasi absen online, selain memudahkan karyawan dalam melakukan absen karyawan setiap hari, juga memudahkan HRD dalam menilai kinerja karyawan dengan baik dan mudah. Semua data yang masuk dari karyawan akan terinput dengan baik kepada HRD.

Pun HRD bisa mengakses semua data absen karyawan dan kinerja karyawan dengan baik, dimana ini hanya bisa diakses oleh Tim HRD jadi penilaian kepada karyawan bisa dilakukan secara akurat mudah dan tersistem dengan baik.

Jadi di masa penggajian datang, HRD tidak perlu pusing mengurus penilaian kinerja karyawan ini, karena dengan aplikasi absen online semua data sudah tersistem yang baik baik ketika WFO maupun WFH, jadi hasil kinerja karyawan bisa langsung terlihat.

6. Penilaian Berdasarkan Data

Penilaian HRD yang objektif sangat penting untuk karyawan, karena lebih adil dan sesuai dengan data yang ada. Terkadang masih ada penilaian yang dilakukan secara subjektif kepada karyawan, hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang akurat dan tersistem dengan baik.

Menggunakan aplikasi absen online, karyawan bisa mendapatkan penilaian yang objektif dari HRD berdasarkan kinerja nyata yang selama ini ia lakukan. Tidak ada kata subjektif, semua penilaian dilakukan berdasarkan data.

7. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Penilaian yang adil dan objektif secara tidak langsung akan memberikan karyawan motivasi untuk memberikan yang terbaik karena penilaian juga berdasarkan kinerja mereka. Setiap karyawan tentunya ingin memiliki track record yang baik di perusahaan. Nah, dengan adanya aplikasi absen online ini tentu dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

8. Efisiensi Waktu

Manfaat efisiensi waktu bisa dirasakan oleh HRD maupun untuk karyawan. Melakukan absen masing-masing di smartphone, membuat karyawan tidak membuang-buang waktu untuk antri di finger print. Jadi begitu datang di kantor atau tempat kerja, karyawan bisa langsung absen sesuai waktu datang. Waktu realtime dan akurat untuk karyawan, pun tidak akan membuang waktu di pagi hari.

Selain untuk karyawan, efisiensi juga dirasakan oleh HRD yang mengelola data karyawan. HRD tidak perlu melakukan penilaian secara manual apalagi dengan jumlah karyawan ratusan sampai ribuan pasti sangat rumit.

Dengan menggunakan aplikasi absen online lebih banyak menghemat waktu untuk penilaian karyawan karena data sudah terekam dengan baik dan jelas. Apalagi data bisa diamati hanya menggunakan laptop maupun PC jadi bisa memantau kinerja karyawan kapanpun dan dimanapun dengan baik.

(Nurman Abdul Rahman)