Pekerja sedang menyelesaikan proyek pembengunan kereta api Bandara di kawasan Pondok Benda, Tangerang, Sabtu (12/8). PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Suprapto mengatakan, rute yang akan digunakan kereta api Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiusn Manggarai -  Sudirman Baru- Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno-Hatta. AKTUAL/Tino Oktaviano

Madiun, Aktual.com – Sebanyak delapan kereta api (KA) dari Semarang tujuan Madiun dialihkan jalurnya akibat terdampak bencana tanah longsor yang terjadi di antara Stasiun Gundih hingga Stasiun Karangsono Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

“Delapan KA terimbas tersebut adalah KA Brantas PP, KA Bangunkarta PP, KA Majapahit PP, dan KA Matarmaja PP,” ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Supriyanto di Madiun, Sabtu (17/2).

Menurut dia, pengalihan jalur terhadap KA-KA dari arah Semarang menuju Madiun dan sebaliknya tersebut karena jalur rel tertutup material longsoran sehingga tidak dapat dilalui oleh perjalanan KA.

Adapun, delapan KA yang terganggu menuju dan berangkat dari Madiun, yaitu KA Brantas relasi Blitar-Madiun-Semarang-Pasarsenen pp, KA Bangunkarta Surabaya-Madiun-Semarang-Gambir pp, KA Matarmaja relasi Malang-Madiun-Semarang-Pasarsenen pp, dan KA Majapahit relasi Malang-Madiun-Semarang-Pasarsenen pp.

Guna mengantisipasi dan menjamin keselamatan perjalanan KA, PT KAI merekayasa pola operasi rute KA- KA tersebut. Dimana sebelumnya melalui Solo-Gundih-Kedungjati-Brumbung-Semarang, begitupun sebaliknya, untuk semetara rutenya diubah menjadi Solo-Gundih-Gambringan-Semarang dan sebaliknya.