Washington, Aktual.com – Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) menemukan banyak dokumen rahasia selama penggeledahan pada Jumat (20/1) di kediaman Presiden Joe Biden di Delaware, Wilmington, kata pengacara presiden melalui pernyataan pada Sabtu (21/1) malam.

Beberapa dokumen rahasia dan “materi yang terkait dengan dokumen tersebut” tertanggal dari masa jabatan Biden di Senat AS, ketika dia mewakili Delaware dari 1973 sampai 2009, menurut pengacaranya, Bob Bauer.

Dokumen lainnya berasal dari masa jabatannya sebagai wakil presiden di pemerintahan Obama, dari 2009 sampai 2017, kata Bauer.

Departemen Kehakiman juga mengamankan beberapa catatan yang ditulis Biden secara pribadi saat ia menjabat wakil presiden, menurut Bauer.

Presiden Biden menawarkan akses “ke kediamannya agar Departemen Kehakiman bisa memeriksa seluruh tempat itu untuk mencari kemungkinan catatan wakil presiden dan kemungkinan materi rahasia,” kata sang pengacara.

Baik Biden maupun istrinya tidak berada di kediaman tersebut selama penggeledahan berlangsung, kata pengacara tersebut. Biden berada di Pantai Rehoboth, Delaware, selama akhir pekan.

Dokumen-dokumen tersebut menambah temuan catatan rahasia pemerintah lainnya pada bulan ini di kediaman Biden di Wilmington.

Dokumen rahasia lain juga ditemukan pada November di kantor pribadi Biden di sebuah lembaga kajian yang berbasis di Washington, D.C., setelah ia mengakhiri masa jabatannya sebagai wakil presiden dalam pemerintahan Obama pada 2017.

Sumber: Reuters

(Antara)

(A. Hilmi)