PALI, Aktual.Com – Guna meningkatkan mutu pendidikan di tingkat desa, Pemerintah desa Beruge Darat, Kecamatan Talang Ubi, Penukal Abab Lematang ilir (PALI) menggunakan anggaran dana desa (DD) 2021 untuk membangun gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Gedung sarana pendidikan yang terletak di Dusun 1 desa Beruge Darat itu dibangun di atas Lahan 20 x 20 meter milik Pemerintah Desa. dengan nilai anggaran sebesar Rp. 393.221.800 termasuk peralatan seperti kursi, meja, permainan dan lainya.

Penjabat sementara Kepala Desa Beruge Darat, Rosihan Anwar mengatakan meski kemarin masih dalam pandemi covid-19, namun pihaknya tetap merealisasikan pembangunan infrastruktur bidang pendidikan, yakni gedung PAUD.

“Pembangunan gedung PAUD ini di awali pada 29 September 2021 dan selesai pada 8 november 2021. yang merupakan program kerja dari almarhum Neddy Herwanto kades sebelumnya. Alhamdulillah Kini gedung PAUD pembangunannya sudah 100 persen selesai. “Ungkapnya kepada Aktual.com, Jum’at (9/9).

Tampak Depan gedung PAUD desa Beruge Darat Dok. Aktual.com (9/9).

Menurut Rosihan terealisasinya pembangunan gedung PAUD ini berdasarkan hasil musyawarah tingkat dusun, lantaran di desa Beruge Darat belum memiliki gedung PAUD sebagai sarana bermain dan belajar untuk anak-anak.

“Selama ini anak-anak PAUD desa kami belajar menumpang di desa tetangga, dengan dibangun nya gedung ini saya berharap kedepanya anak -anak usia dini desa Bruge Darat dapat bersekolah di desa nya sendiri.”Ujarnya.

Selain itu Rosihan Mengatakan, Tujuan gedung PAUD ini dibangun untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat desa sejak usia dini.

“Karena dasar tujuan awal dibangunnya gedung PAUD Desa Beruge Darat adalah untuk mewujudkan anak usia dini yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, sehat, cerdas, jujur, bertanggungjawab, kreatif, percaya diri dan cinta tanah air, menuju terbentuknya insan yang cerdas,”Imbuhnya.

Lanjutnya,”Langkah kedepan kami akan mengurus pembuatan legalitas Sekolah dan juga akan di anggarkan untuk Alat Permainan Edukatif (APE) dan perlengkapan yang lainnya,”Tandasnya.

Sementara itu, Yandri salah seorang masyarakat desa Beruge Darat sangat senang dan mengapresiasi kepada pemerintah desa yang telah membangun fasilitas pendidikan untuk anak usia dini.

“Dengan adanya gedung PAUD ini tentu akan memberikan kemudahan anak-anak melaksanakan belajar, selama ini menumpang ke desa tetangga sekarang sudah punya gedung PAUD sendiri. dan semoga kebutuhan lainnya di desa Bruge Darat dapat dibangun juga,” harapannya.

(Apriansyah)