Beranda Internasional Desak Akhiri Perang, Erdogan: Saya Akan Bicara dengan Putin dan Zelenskyy

Desak Akhiri Perang, Erdogan: Saya Akan Bicara dengan Putin dan Zelenskyy

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Istanbul, aktual.com – Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan terus berupaya untuk menghentikan perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung. Erdogan bahkan menyatakan dirinya akan segera berbicara dengan Presiden dari kedua negara yang tengah berkonflik tersebut.

“Untuk menyelesaikan krisis ini, saya akan berbicara dengan (Presiden Rusia Vladimir) Putin pada hari Minggu. Saya juga akan berbicara dengan (Presiden Ukraina Volodymyr) Zelenskyy,” kata Erdogan dalam TRT World Forum di Istanbul, Jum’at (9/12) kemarin.

Erdogan mengatakan Turkiye ingin lebih memperkuat kesepakatan koridor biji-bijian yang difasilitasi oleh Turkiye pada musim panas kemarin. Seperti diketahui, pada 22 Juli lalu, Turkiye, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani perjanjian penting di Istanbul untuk melanjutkan ekspor biji-bijian dari tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam yang sempat dihentikan pada Februari lalu karena perang Rusia di Ukraina.

Beberapa hari sebelum kesepakatan tesebut berakhir, kesepakatan biji-bijian kembali diperpanjang selama 120 hari lagi, dimulai pada 19 November.

“Meski proses Istanbul tampaknya telah terganggu oleh perkembangan di lapangan, itu tetap menjadi tempat negosiasi yang ideal untuk perdamaian abadi,” kata dia seperti dilansir dari Anadolu Agency.

Sejak awal krisis, kata Erdogan, Turkiye melakukan diplomasi yang intens dengan prinsip tidak akan ada pemenang dalam konflik kedua pihak. Dirinya pun memastikan bahwa Ankara telah memelopori diplomasi perdamaian yang akan menjadi contoh bagi dunia.

“Sementara mempertahankan integritas teritorial Ukraina dengan kuat, kami menentang peningkatan ketegangan di kawasan itu dengan kebijakan irasional terhadap Rusia,” tuturnya.

(Megel Jekson)